by

Muhammadiyah Tegaskan Tidak Ikut Dukung Mendukung Capres

DEPOKRAYANEWS.COM- Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menegaskan sebagai ormas Islam, Muhammadiyah tetap di posisi netral tidak ikut dalam dukung mendukung pasangan calon presiden, baik di pemilu sebelumnya maupun pada 2024, mendatang.

“Sebagai Ormas Islam, Muhammadiyah tidak punya otoritas dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dan dukung mendukung calon presiden dan wakil presiden,” kata Abdul Mu’ti melalui akun Twitter-nya, Rabu 5 Oktober 2022..

Mu’ti kembali menegaskan posisi Muhammadiyah adalah organisasi masyarakat Islam, bukan partai politik. “Sesuai Undang-Undang dasar lembaga yang berwenang mencalonkan presiden dan wakil presiden adalah partai politik,” ujarnya.

Namun dia mengakui bagi pribadi-pribadi sebagai personal warga Muhammadiyah, memiliki hak konstitusi baik memilih dan dipilih. Abdul Mu’ti menegaskan, proses pemilihan presiden dan wakil presiden memang masih lama. Namun, suasana dukung mendukung di masyarakat sudah sangat terasa.

Karena itu, ia menekankan agar tetap harus memiliki aturan. Sehingga tidak seenaknya mencampuradukkan dukungan pribadi dengan wilayah organisasi Muhammadiyah.

“Warga Muhammadiyah hendaknya bersikap cerdas dan tidak terpengaruh oleh video yang beredar luas melalui medsos, bahwa Muhammadiyah memberikan dukungan. Atas video yang beredar merupakan disinformasi yang dimaksudkan sebagai propaganda politik,” kata Mu’ti.

Ia meminta warga Muhammadiyah tetap tenang dan menjaga situasi yang kondusif, rukun, dan persatuan. (mad/rol)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *