Sugeng dan Rosmaya Hadi Dilantik Jadi Deputi Gubernur BI

Sebarkan :

 
Deputi Gubernur BI

Dua Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng (kanan) dan Rosmaya (antara)

Depokrayanews.com- Ketua Mahkamah Agung RI, M. Hatta Ali mengambil sumpah dua orang Deputi Gubernur Bank Indonesia yang baru yakni Sugeng dan Rosmaya Hadi di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Kedua Deputi Gubernur BI itu diangkat
berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 145/P Tahun 2016 tertanggal 29 Desember 2016. Keduanya menggantikan Ronald Waas dan Hendar yang telah habis masa jabatannya.

Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo menjelaskan, Bank Indonesia sebagai bank sentral RI memiliki tiga fungsi utama, yaitu moneter, makro prudential, sistem pembayaran dan peredaran uang.

“Pak Sugeng akan membidangi sistem pembayaran dan peredaran uang. Sedangkan Bu Rosmaya Hadi akan memegang pengawasan kantor-kantor BI di seluruh wilayah Indonesia dan juga akan menangani masalah keuangan termasuk logistik,” kata Agus usai pelantikan.

Sebagai Deputi Gubernur yang membawahi sistem pembayaran, Sugeng akan menjalankan beberapa program BI seperti National Payment Gateway dan Fintech Office.

Selain itu, BI akan terus meyakinkan penggunaan rupiah di dalam negeri terus berjalan, serta uang rupiah yang layak beredar akan mencapai seluruh pelosok Indonesia.

Sementara dari segi percepatan program, BI juga akan menambah satu kantor cabang di provinsi ke-34 yaitu di Tarakan. Bank sentral juga telah menambah kantor kas titipan menjadi 55 kantor dari sebelumnya 22 kantor. Kas titipan ini akan membantu peredaran uang ke seluruh pelosok Indonesia. Pengawasan kantor BI ini merupakan tugas Rosmaya Hadi selalu Deputi Gubernur yang baru saja dilantik. “Kami harapkan kedua deputi gubernur yang baru akan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Senin sudah bisa bekerja dan dikukuhkan penugasannya,” kata Agus.

Pelantikan kedua Deputi Gubernur BI ini dihadiri Gubernur Bank Indonesia beserta Deputi Gubernur BI lainnya. Selain itu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan serta pejabat pemerintahan lainnya.

Dengan pelantikan tersebut, susunan Dewan Gubernur Bank Indonesia menjadi sebagai berikut:

Gubernur : Agus D.W. Martowardojo
Deputi Gubernur Senior : Mirza Adityaswara
Deputi Gubernur :
Perry Warjiyo
Erwin Rijanto
Sugeng
Rosmaya Hadi
(rol)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pramono Ubaid Thantowi, Komisioner KPU Pusat Terpapar Covid-19

Depokrayanews.com- Satu lagi Komisioner KPU Pusat dinyatakan positif terpapar Coviid-19 yakni Pramono Ubaid Thantowi. Kabar ...