Tujuh Puskesmas di Depok sudah Mampu PONED

Sebarkan :

 
Noerzamanti Lies Karmawati Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok

Noerzamanti Lies Karmawati Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok

Depokrayanews.com- Untuk menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan penguatan pelayanan kesehatan melalui harmonisasi Puskesmas Mampu Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (PONED).

“Saat ini tujuh Puskesmas di Depok sudah mampu PONED,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Noerzamanti Lies Karmawati pada acara pembukaan pelatihan Tim Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) di Depok, Senin (1/8/2016).

Tujuh Puskesmas yang Mampu PONED itu adalah Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Beji, Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Tapos, Puskesmas Kedaung, serta Puskesmas Bojongsari.

Menurut Liesn penguatan lintas program dan lintas sektor perlu untuk terus ditingkatkan, terutama terkait AKI dan AKB.

Mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok itu mengakui fasilitas yang diberikan tujuh Puskesmas itu belum maksimal. Namun, pemanfaatan Puskesmas Mampu PONED dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Dengan angka Bed Occupancy Ratio (BOR), saat ini berkisar antara 40 sampai 50 persen.

Untuk fasilitas tempat tidur di masing-masing Puskesmas, kata Lies, jumlahnya berbeda-beda. Kapasitas tempat tidur di Puskesmas PONED masing-masing adalah lima sampai enam tempat tidur.

“Meskipun masih terbatas, kami akan terus lakukan berbagai upaya agar program penurunan AKI dan AKB di Kota Depok dapat berhasil,” kata Lies (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hotel Sifaana Depok Bersedia Jadi Lokasi Karantina Pasien Covid-19

Depokrayanews.com- Hotel Sifaana di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, bersedia menjadi tempat lokasi karantina pasien ...