by

Amien Rais: PAN Jangan Tergoda Masuk Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin

Amien Rais

DepokRayanews.com- Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais kembali buka suara terkait isu arah politik partainya yang menjurus bergabung ke koalisi pendukung Presiden danWapres terpilih Jokowi – Maruf Amin. Sevara tegas Amien Rais akan menolak kalau ada ajakan resmi bergabung ke kubu Jokowi-Ma’ruf Amin.

”Kalau ada ajakan resmi bergabung ke kubu Jokowi – Maruf Amin, kami tegas menolak,” kata Amien Rais kepada wartawan di kediamannya, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (13/7/2019). Menurut Amien, PAN akan lebih terhormat menjadi oposisi, yakni untuk mengawasi kondisi politik dan pemerintahan pada periode 2019 – 2024.

“Prinsipnya, kalau saya, sebaiknya PAN memang di luar (pemerintahan). Jadi sangat indah kalau kubu Prabowo itu di luar. Juga terhormat untuk mengawasi lima tahun mendatang,” kata dia seperti dilansitr suara.com.

Amien menilai, kalau PAN bergabung bersama pemerintah,tidak lagi ada yang mengkritik pemerintahan. Dengan demikian, situasi tersebut menjadi lonceng kematian demokrasi.

“Kalau pada bergabung, siapa lagi yang mengawasi nanti? Suara DPR sama dengan suara eksekutif, itu pertanda lonceng kematian demokrasi. Kalau parlemen sudah menyuarakan atau jadi jubirnya (eksekutif), dan sudah dikooptasi oleh eksekutif, maka demokrasi itu menjadi musibah yang paling berat dan enggak bisa bangkit kembali,” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *