Baru 4 Kelurahan di Depok yang Bebas BAB Sembarangan

Sebarkan :

 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dr. Noerzamanti Lies.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dr. Noerzamanti Lies.

Depokrayanews.com- Empat kelurahan di 3 Kecamatan Kota Depok dinyatakan sebagai wilayah ODF (Open Defecation Free), yaitu kebiasaan tidak Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat.

Empat kelurahan itu adalah Kelurahan Depok Jaya (Pancoran Mas), Kelurahan Tapos (Tapos), Kelurahan Cisalak Pasar (Cimanggis), serta Kelurahan Curug (Cimanggis).

“Keempat kelurahan ini seluruh warganya sudah benar-benar tidak ada yang BAB yang sembarangan, dan sudah memiliki septictank untuk pembuangan BAB,” kata Kepala Dinkes, Noerzamanti Lies, Jumat (11/11/2016).

Deklarasi ODF akan dilaksanakan Sabtu (12/11/2016), bertepatan dengan perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Saat ini ada 5 kelurahan lagi akan ODF yakni Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya dan Kelurahan Harjamukti Kecamatan Cimanggis.

Padahal di Kota Depok ada 63 kelurahan. Artinya, yang sudah bebas BAB sembarangan masih sangat sedikit.

Lies berharap, keempat kelurahan yang sudah dinyatakan ODF mampu menularkan semangatnya kepada kelurahan yang lain.

Dinkes juga akan melakukan sosialisasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap masyarakat khususnya yang berada di kawasan pinggir sungai/kali. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Profil Dedi Supandi, Pejabat Sementara Walikota Depok

Depokrayanews.com- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil melantik Dedi Supandi sebagai pejabat sementara (Pjs) Walikota ...