by

Begini Ceritanya AHY Tiba-tiba Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN

Depokrayanews.com- Usai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri agraria dan Tata Euang/kepala badan pertanahan nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membeberkan bagaimana ceritanya dia tiba- tiba dilantik menjadi menteri.

AHY menyebut dirinya ditelepon oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang diperintahkan Presiden Jokowi untuk menanyakan di mana keberadaannya.

“‘Iya pak, lagi di Jakarta. Dan kemudian beliau (Pratikno) menyampaikan, ‘Kalau lagi di Jakarta, Pak Presiden Jokowi berkenan menerima di Istana Merdeka’. Selasa (20/2) kemarin pukul 8 pagi. Saya tanya, ‘Agendanya apa Pak?’. ‘Datang saja’. Saya datang kemarin,” cerita AHY di Kementerian ATR/BPN, Jakarta Selatan, Rabu 21 Februari 2024.

“Dan di situ (Istana), berdua beliau menyampaikan secara singkat, yang intinya adalah beliau (Jokowi) menghendaki agar kami bergabung ke pemerintahan ke dalam Kabinet Indonesia Maju dan menduduki posisi menteri ATR/BPN,” kata Ketua Umum Partai Demokrat itu

Agus mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas kepercayaan dan kehormatan tersebut. AHY berjanji amanah yang diberikan kepadanya akan dijalankan dengan baik, meski hanya dalam waktu singkat selama delapan bulan, sebelum lengser Oktober 2024.

Sebelum dilantik di Istana Rabu pagi Agus menghubungi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Ia menegaskan perlu menghubungi Prabowo yang kini merupakan calon presiden sekaligus pimpinan Koalisi Indonesia Maju.

“Segera, pertama, saya berkomunikasi dan mohon waktu kepada Bapak Prabowo Subianto karena beliau adalah pemimpin dari Koalisi Indonesia Maju yang baru saja kami mengantarkan dalam pemilu kemarin,” kata dia.

“Kemudian, langsung memohon waktu ke Pak Hadi Tjahjanto (eks menteri ATR/BPN yang kini dilantik sebagai menko polhukam), jika berkenan malam kemarin bersilaturahmi karena saya perlu banyak mendengar nasihat, wejangan, dan arahan beliau yang selama ini telah menjalankan tugas secara luar biasa,” kata dia

AHY juga berharap kehadirannya di Kementerian ATR/BPN bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Dengan dilantiknya AHY maka Partai Demokrat kini menjadi bagian dari koalisi kabinet pemerintahan Jokowi.

Sebelumnya partai itu kerap berseberangan dengan pemerintah hingga kontestasi Pilpres 2024, di mana Demokrat menjadi bagian Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dengan demikian tinggal PKS yang berada di luar pemerintahan.(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *