Beginilah Proses e-Tilang Terhadap Pelanggar Lalu Lintas

Sebarkan :

 
Polisi sedang melakukan razia terhadap pelanggar lalu lintas.

Polisi sedang melakukan razia terhadap pelanggar lalu lintas.

Depokrayanews.com- Korps Lalu Lintas Polri resmi memberlakukan sistem penindakan terhadap pelanggar lalu lintas secara elektronik atau e-Tilang, Jumat (16/12/2016)

Wakil Kepala Korlantas Polri, Brigjen Pol Indrajit, mengatakan e-Tilang diberlakukan sebagai upaya kepolisian mempermudah penindakan terhadap pelanggar lalu lintas.

“Karena prosesnya lebih mudah maka akan lebih banyak penilangan. Karena tilang juga mencegah orang menjadi korban kecelakaan, sifatnya menolong,” kata Indra, Jumat (16/12/2016).

Lalu bagaimana tata cara e-tilang?
Pelanggar lalu lintas akan diberikan dua pilihan yakni melalui persidangan atau e-tilang.

Kalau pelanggar lalu lintas memilih tahap persidangan, maka pelanggar akan diberikan slip merah

Tapi kalau pelanggar lalu lintas memilih e-tilang, maka akan diberikan denda maksimal dengan slip biru.

Kalau pelanggar memilih penindakan tilang secara online, justru akan mempermudah proses transaksi pembayaran.

Dalam melaksanakan e-Tilang, petugas akan memasukkan data tilang pada aplikasi e-Tilang kemudian pelanggar akan mendapat notifikasi nomor tilang lalu pelanggar membayar denda tilang melalui anjungan tunai mandiri.

Selanjutnya pelanggar akan mendapat barang bukti yang disita dengan menunjukkan bukti pembayaran sehingga pelanggar tak perlu lagi hadir di persidangan karena telah diwakilkan oleh petugas.

Pihak pengadilan akan memutuskan nominal denda tilang, dan kejaksaan akan mengeksekusi putusan tilang. Lalu pelanggar mendapat notifikasi SMS berisi informasi sisa dana titipan denda tilang dan otomatis dikirim ke rekening pelanggar. (mad/dtk)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jam Operasional Tempat Usaha di Depok Mulai Dilonggarkan

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akhirnya melonggarkan jam operasional tempat usaha setelah banyak menuai protes ...