by

Densus 88 Tangkap 3 Orang Terduga Teroris di Bekasi

Depokrayanews.com- Tim Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap tiga orang terduga pelaku tindakan pidana terorisme di Bekasi, Jawa Barat (Jabar), Selasa 16 November 2021. Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Densus 88 Komisaris Besar (Kombes) Aswin Siregar mengatakan, tiga orang yang ditangkap tersebut diduga sebagai anggota jaringan terorisme Jamaah Islamiyah (JI).

“Sudah ditetapkan tersangka,” kata Aswin saat dihubungi wartawan dari Jakarta, Selasa 16 November 2021. Dia mengatakan, tiga yang ditangkap dan ditetapkan tersangka itu adalah Ahmad Zain an-Najah (AZ), Anung al-Alhamad (AA), dan Farid Ahmad Okbah (FAO). Ketiganya ditangkap pada Selasa 16 November 2021 pagi di tiga lokasi terpisah di wilayah Bekasi,

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan menerangkan, AZ ditangkap di Perumahan Pondok Melati di Bekasi. Ia ditangkap tim Densus 88 sekitar pukul 04.39 WIB. Sedangkan, AA ditangkap di Jalan Raya Legok, di Jati Melati, Bekasi. Terakhir FAO juga ditangkap di Bekasi, di kawasan Pondok Melati, Jati Melati. “Sampai saat ini, proses pemeriksaan terhadap ketiganya masih terus dilakukan,” kata Ramadhan.

Ramadhan menambahkan, dari pemeriksaan sementara, ketiganya diduga sebagai anggota JI. FAO diketahui selaku pendiri partai politik (parpol). Pendirian parpol itu sebagai kedok untuk melindungi pergerakan kelompok JI. “FAO diketahui pendiri Partai Dakwah Republik Indonesia (PDRI),” kata Ramadhan.

Dia menyebutkan, FAO mendirikan PDRI setelah berkonsultasi dengan tersangka terorisme, anggota JI lainny, Arif Siswanto (AS), yang sudah tertangkap sebelumnya. “Dia (FAO), ikut memberikan solusi kepada Saudara AS, yang sebelumnya sudah tertangkap,” ujar Ramadhan.

AS diketahui juga bagian dari jaringan JI yang dipimpin Parawijayanto (PW) yang juga sudah tertangkap. “Jadi, diketahui sementara ini, pendirian partai itu dibentuk sebagai wadah baru,” kata Ramadhan.

FAO juga anggota Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat Badan Mal Abdurrahman bin Auf (LAZ BM ABA). Lembaga tersebut, adalah yayasan yang diketahui sebagai sumber pendanaan JI. (ris/rol)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *