by

Dilantik Jadi Ketua Portina Kota Depok, Afifah Alia: Olahraga Tradisional Jangan Sampai Punah

DEPOKRAYANEWS.COM- Ketua Persatuan Pelestari Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Jawa Barat Hendra Guntara melantik Afifah Alia sebagai Ketua Portina Kota Depok periode 2021-2025 pada Sabtu 29 Januari 2022.

“Portina merupakan suatu wadah perkumpulan pelestari olahraga tradisional yang ada di masyarakat Indonesia,” kata Ketua Portina Jawa Barat, Hendra Guntara usai acara pelantikan Afifah Alia.

Menurut Hendra, ada 15 jenis olahraga yang telah dibakukan tergabung dalam Portina, yakni Egrang, Gebuk Bantal, Terompah Panjang, Lari Balok, Tarik Tambang, Hadang, Patok Lele, Benteng, Dagongan, Sumpitan, Gasing, Katapel, Panahan Tradisional, Sepak Raga dan Pencak Silat Tradisional.

“Selain aktivitas lomba dan kompetisi, kami juga akan melestarikan olahraga tradisional dengan melakukan kampanye, sosialisasi, pelatihan, penelitian, pengembangan dan membentuk komunitas-komunitas pecinta olahraga tradisional,” kata dia.

Ketua Portina Kota Depok, Afifah Alia mengatakan keinginannya untuk melestarikan permainan tradisional yang cukup populer di kalangan anak-anak masa lalu yakni di era sebelum merasuknya informasi teknologi (IT).

Afifah menyampaikan keprihatinannya karena kalangan orang tua sudah meninggalkan permainan tradisional. Orang tua dan anak-aank saat ini asik dengan smartphone di genggamannya. “Cukup prihatin juga, anak-anak di desa juga sudah tidak lagi tahu dengan permainan tradisional tersebut. Anak-anak asik dengan games di gadgetnya,” kata dia.

Menurut Afifah punahnya permainan atau olahraga tradisional menjadi tanggungjawab semua pihak, terutama para orang tua. ”Mari para orang tua jaga dan lestarikan olahraga tradisional yang cukup menyehatkan anak-anak. Olahraga tradisional jangan sampai punah. Portina hadir untuk melestarikan permainan atau olahraga tradisional, menjadi menu wajib masyarakat dan bahkan menjadi kegiatan olahraga wajib di sekolah-sekolah,” kata dia.

Afifah akan segera melakukan penguatan pengurus Portina Kota Depok, dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk terus melestarikan olahraga tradisional. “Tentu, diharapkan melalui Portina Kota Depok dapat melestarikan dan memasyarakatkan kembali olahraga tradisional di Kota Depok,” kata Afifah. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *