by

Dinkes Kota Depok Berikan Vaksin PCV kepada 3.600 Anak Secara Gratis

DEPOKRAYANEWS.COM- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan memberikan imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) secara gratis kepada 3.600 anak di Kota Depok.

“Target jumlah sasaran ini sesuai dengan usia bayi yang menerima imunisasi PCV pada usia 2 bulan,” kata Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Sabtu 17 September 2022.

Menurut Mary, pemberian imunisasi PCV dilakukan dengan mempertimbangkan tingginya beban penyakit Pneumonia. Dan, adanya studi di Lombok sebagai baseline data serta rekomendasi dari WHO dan ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization) serta tersedianya vaksin yang aman dan efektif maka telah dilaksanakannya Program Demonstrasi imunisasi PCV sejak tahun 2017 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kemudian pemberian imunisasi diperluas dan tahun 2022 diharapkan seluruh kota atau kabupaten di Indonesia bisa melaksakan introduksi PCV ke dalam program imunisasi nasional.

“Untuk di Kota Depok mulai dilaksanakan pada 12 September 2022 secara gratis melalui Posyandu, Puskesmas, dan layanan kesehatan atau pos vaksin lainnya yang sudah ditunjuk,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *