by

Dinkes Kota Depok Gelar Pemeriksaan Pap Smear dan IVA Gratis, Ayo Daftar Hanya untuk 300 Orang

DEPOKRAYANEWS.COM- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan mengadakan pemeriksaan Pap Smear dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) secara gratis di lantai 10 Gedung Dibaleka II Balai Kota Depok pada 18 Agustus 2023 mendatang.

“Kegiatan tersebut dalam rangka HUT ke-78 RI yang bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Depok dan Kimia Farma,” kata Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Senin 14 Agustus 2023.

Pihaknya menyediakan kuota untuk 300 orang. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link s.id/IVAPapSmear18072023 dan pendaftaran ditutup pada 17 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB.

Untuk bisa mengikuti pemeriksaan secara gratis ada beberapa syarat, antara lain harus membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), perempuan sudah menikah atau pernah berhubungan seksual.

“Kemudian tidak melakukan hubungan seksual dua hari sebelumnya dan tidak membersihkan alat kelamin dengan cairan pembersih vagina dua hari sebelumnya,” kata Mary.

Sedangkan untuk tes IVA, berusia kurang dari 30 tahun dan 50 tahun serta belum pernah melakukan tes IVA dalam satu tahun terakhir. Sedangkan tes Pap Smear untuk usia 30-50 tahun yang belum pernah melakukan tes Pap Smear dalam lima tahun terakhir.

“Diharapkan juga membawa kartu BPJS yang aktif, karena jika hasil pemeriksaan IVA bermasalah dan harus dilanjutkan pemeriksaan pap smear,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *