by

Dinkes Depok Ingatkan Apoteker Harus Bisa Sampaikan Informasi Penggunaan Obat Secara Benar

Depokrayanews.com- Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Marry Liziawati mengatakan apoteker harus bisa menyampaikan informasi penggunaan obat yang benar kepada masyarakat agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan obat.

Menurut Marry, salah satu penyebab masalah kesehatan yaitu penggunaan obat secara tidak rasional, yang dapat mengakibatkan terapi menjadi kurang efektif dan tidak efisien.

Apoteker memegang peranan penting dalam melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat sehingga harapannya tidak ada lagi kesalahan dalam penggunaan obat dikalangan masyarakat,” kata Marry seperti dikutip Jumat 22 September 2023.

Dinkes Kota Depok, kata Marry terus memberikan edukasi kepada apoteker agar menyampaikan informasi kepada masyarakat dalam penggunaan obat secara benar. Harapannya agar dapat mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Cerdas dan Sehat (Smart Healthy City).

Sebanyak 78 Apoteker se-Kota Depok, Kamis 21 September 2023 mengikuti kegiatan Pembekalan Agent Of Chance (AoC) di Wisma Hijau.

Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan komitmen untuk melaksanakan kegiatan edukasi dan masyarakat terkait penggunaan obat rasional.

Menurut Marry, perlu adanya peran aktif dari seluruh unsur dalam upaya edukasi atau pemberian informasi terkait pemakaian obat secara benar.

Hal itu dilakukan agar masyarakat mampu menyaring informasi yang benar, bersumber dari tenaga kesehatan dan sumber informasi yang terpercaya.

“Peran tenaga kefarmasian perlu ditingkatkan dalam mmberikan pelayanan informasi tentang obat, baik dalam upaya pengobatan (kuratif), maupun upaya promotif dan preventif (pencegahan penyakit),” kata Marry.

Dinkes Kota Depok terus memberikan edukasi kepada apoteker agar menyampaikan informasi kepada masyarakat dalam penggunaan obat secara benar. Sehingga harapannya dapat mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Cerdas dan Sehat (Smart Healthy City).

“Apoteker AoC memegang peranan penting dalam melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi terkait swamedikasi pada komunitas di lingkungan tempat tinggalnya baik melalui Whatsapp grup maupun diintegrasikan dengan kegiatan-kegiatan dimasyarakat,” kata dia. (ril]

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *