by

Gempa di DIY, Belasan Rumah Rusak, Satu Orang Terluka

DEPOKRAYANEWS.COM– Belasan rumah dilaporkan rusak dan satu orang terluka akbat imbas gempa yang mengguncang wilayah Bantul, DIY dan sekitarnya, pada Jumat 30 Juni 2023 malam.

”Dampak kerusakan gempa tercatat di wilayah Kabupaten Gunungkidul, Kulon Progo, dan Bantul. Total dampak adalah 19 titik,” kata Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY Danang Samsurizal kepada wartawan, Jumat 30 Juni 2023 malam

Mengutip laporan yang masuk, Danang mengatakan ada 15 rumah yang rusak, kemudian ada fasilitas pemerintah 1 titik dan fasilitas kesehatan 2 titik.

Menurut Danang, hingga pukul 20.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 5 gempa susulan dengan magnitudo terbesar M 4,5.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” kata dia.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” lanjut Danang.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Yogyakarta pada Jumat 30 Juni 2023 sekitar pukul 19.57 WIB. “Tidak berpotensi tsunami,” mengutip akun Twitter @infoBMKG, Jumat 30 Juni 2023.

Pusat gempa berada di laut kedalaman 12 kilometer sebelah barat daya Bantul, DI Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di 8.70 Lintang Selatan, 110,06 Bujur Timur. Titik gempa berada 94 kilometer dari Bantul. (ris/and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *