by

Hasil Survei Lingkar Aktivis UI untuk Pilkada Depok: Imam Budi Hartono Tertinggi, Supian Suri Paling Bawah

Depokrayanews.com- Sejumlah Alumni Universitas Indonesia yang tergabung di dalam Lingkar Aktivis Universitas Indonesia, merilis hasil Survei Calon Walikota Depok 2024.

Hasilnya, muncul enam nama yang paling populer dan disenangi. Tiga terbesar adalah Imam Budi Hartono, yang kebetulan Alumni Universitas Indonesia (UI). Imam yang kini menjadi Wakil Wali Kota Depok mendampingi Wali Kota Depok Mohammad Idris adalah Ketua DPC PKS Kota Depok

Di posisi kedua ada nama Pradi Supriatna, mantan Wakil Wali Kota Depok yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Kota Depok.

Kemudian di posisi ketiga, Farabi El Fouz A
Rafiq, Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok yang sudah memegang mandat sebagai Calon Wali Kota Depok dari DPP Partai Golkar.

Sementara di lapangan, nama yang paling kuat digadang-gadang sebagai calon Wali Kota Depok adalah Supian Suri, pejabat karir yang memulai karir sebagai ajudan Wali Kota Depok Badrul Kamal. Supian kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok.

Tapi berdasarkan hasil survei yang digelar sejumlah Alumni UI itu, nama Supian Suri berada di posisi keenam, atau paling bawah dengan tingkat popularitas hanya 1,63 persen. Jauh dibanding Imam Budi Hartono dengan tingkat popularitas 48,50 persen, Pradi Supriatna 19,63 persen dan Farabi A.Rafiq 9,38 persen.

Supian juga kalah populer dibanding Babai Suhaimi, anggota DPRD Kota Depok dari PKB dengan tingkat popularitas 7,75 persen. Supian Suri juga kalah dibanding Hafid Nasir, mantan Ketua DPC PKS Kota Depok yang menjadi anggota DPRD Kota Depok 2 priode dan akan dilanjutkan untuk periode 5 tahun ke depan.

Ketua Lingkar Aktivis UI, Askar Triwiyanto mengatakan, pihaknya melakukan survei publik, bertajuk Survei Pemimpin Ideal Depok 2024, yang diselenggarakan 30 Maret 2024 – 3 April 2024 dengan melibatkan 800 responden dari seluruh kecamatan di Kota Depok.

Survei itu menggunakan Metode Multistage Proportional Random Sampling atas jumlah DPT Depok berusia 17 tahun keatas atau sudah menikah.

“Dengan margin of error 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan quality control sebesar 20 persen terhadap sampel yang ada,” kata Askar Triwiyanto seperti dikutip selasa 9 April 2024

Dalam survei, kata dia, responden diberi pertanyaan soal elektabilitas yang berbunyi, Diantara tokoh tokoh diatas menurut saudara siapakah yang layak saudara pilih sebagai Walikota Depok 2024 – 2029.

Responden juga diberi pertanyaan tentang kriteria pemimpin ideal untuk Kota Depok di masa mendatang.

Kemudian responden diberi pertanyaan soal sifat pemimpin yang diharapkan yang berbunyi, alasan atau sifat apa yang menurut saudara paling penting dimiliki oleh calon Walikota – Wakil Walikota Depok yang akan datang, yang akan menyebabkan saudara memilihnya.

Hasilnya, sebanyak 30,5 persen warga Depok menginginkan pemimpin jujur dan bersih, 24,5 persen berkinerja baik dan berprestasi, 12,8 persen dekat dengan rakyat, 11,5 persen sudah berpengalaman, 5,6 persen sesuai dengan partai pilihan dan sisanya menjawab lain lain seperti berwibawa, cerdas, religius, dan sebagainya. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *