Ilham Habibie akan Kembangan Pesawat Turboprop R-80

Sebarkan :

 
Ilham Habibie akan mengembangan industri pesawat terbang bersama bapaknya, BJ Habibie.

Ilham Habibie akan mengembangan industri pesawat terbang bersama bapaknya, BJ Habibie.

Depokranyanews.com- Putra pertama Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, sedang merintis idustri pesawat.
Melalui perusahaan investment-nya, PT Ilthabi Rekatama, Ilham menanamkan modal ke perusahaan pembuat pesawat terbang PT Regio Aviasi Industri (RAI) yang didirikannya bersama BJ Habibie.

Perusahaan tersebut tengah mengembangkan pesawat penumpang bermesin turboprop bernama R-80. Pesawat tersebut merupakan kelanjutan dari cita-cita BJ Habibie untuk mengambangkan pesawat sendiri di Indonesia.

Sebelumnya, di bawah Industri Pesawat Terbang Nurtanio, BJ Habibie pernah mengembangkan pesawat sejenis bernama N-250 atau yang dikenal juga dengan nama Gatot Kaca.

”R-80 ini adalah ide Bapak (BJ Habibie) yang merupakan terusan dari N-250,” kata Ilham kepada wartawan saat ditemui di sela event World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-12 di Jakarta, Rabu (3/8).

Menurut Ilham, BJ Habibie punya keinginan untuk mengembangkan pesawat itu karena ternyata Indonesia memang pasar terbesar untuk pesawat jenis baling-baling. Sayangnya, tidak satu pun dari pesawat-pesawat itu merupakan karya anak bangsa. Semuanya merupakan pesawat impor yang sebetulnya bisa dibuat sendiri oleh para insinyur di Indonesia.

”Demand di kita, penumpang di kita, airline di kita, tapi produknya bukan dari kita. Padahal kita punya SDM dengan kualitas memadai. Sayang sekali kita tidak jadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Ilham. (jp/mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PSBB Jakarta Diperpanjang, Pengusaha Hotel dan Restoran Berteriak Gulung Tikar

Depokrayanews.com- Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Krisnadi mengatakan perpanjangan pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ...