Imigrasi Kota Depok akan Memperkuat TimPORA Kecamatan

Sebarkan :

 
Dadan Gunawan

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok, Dadan Gunawan.

Depokrayanews.com- Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok, Dadan Gunawan akan memperkuat Tim Pengawasan Orang Asing (TimPORA) di tingkat kecamatan, terutama di wilayah yang dianggap rawan.

“TimPORA ini akan menjadi andalan kita di tingkat wilayah. Untuk wilayah yang kita anggap rawan, akan kita perkuat, tergantung situasi,” kata Dadan Gunawan kepada depokrayanews.com

Dadan mengakui TimPORA tingkat kecamatan menjadi salah satu ujung tombak kantor imigrasi, disamping tim intelijen yang dimiliki kantor Imigrasi. “Tim intelijen kita bergerak secara tertutup, sedangkan TimPORA secara terbuka,” kata dia

Tugas TimPORA Kecamatan yang dibentuk oleh Kantor Imigrasi itu adalah mengamati dan mengawasi keberadaan orang asing di wilayah masing-masing. Informasi itu kemudian dilaporkan ke Kantor Imigrasi.

“Kalau ada yang mencurigakan atau ada potensi pelanggaran keimigrasian, maka tim khusus dari Kantor Imigrasi akan turun ke lapangan,” kata Dadan yang baru beberapa hari bertugas di Depok menggantikan Dudi Iskandar.

Imigrasi Depok

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok, Dadan Gunawan (paling kanan) ketika sertijab dengan pejabat lama di Balaikota Depok.

Dadan merasa senang dan bersyukur di Depok sudah terbentuk TimPORA sampai ke tingkat kecamatan. Di daerah lain, sebagian besar baru pada tingkat kabupaten/kota.

Ketika ditanya apakah ada penugasan khusus dari Dirjen Imigrasi untuk kantor Imigrasi Kota Depok, Dadan menyebut tidak ada.

“Penugasan umum saja, ada 3 hal yang menjadi target kinerja kami di Imigrasi,” kata bapak 3 anak yang rajin salat di masjid Kantor DPRD, samping kantor Imigrasi Kota Depok.

Ketiga target kinerja itu adalah: Pertama, penguatan pelaksanaan aplikasi pelaporan orang asing.

Kedua, pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP) layanan izin tinggal (ITK, ITAS, ITAP) melalui bank dengan aplikasi SIMPONI dan ketiga, pendaftaran permohonan izin tinggal (ITK, ITAS, ITAP) secara online. (des)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Profil Dedi Supandi, Pejabat Sementara Walikota Depok

Depokrayanews.com- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil melantik Dedi Supandi sebagai pejabat sementara (Pjs) Walikota ...