by

Inilah 10 Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes 2023, Gurita Bisnisnya Luar Biasa

DEPOKRAYANEWS.COM– Selain merilis 200 perusahaan besar dunia, Forbes juga merilis orang orang terkaya di dunia, diantaranya masuk pengusaha asal Indonesia.

Inilah 10 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes 2023

1. Keluarga Tahir

Keluarga Tahir menempati daftar orang kaya ke 10 di Indonesia. Keluarga Tahir adalah keluarga pengusaha, investor, dan filantropis Indonesia pendiri Mayapada Group. Unit usaha mereka meliputi perbankan, media cetak, property, rumah sakit, dan rantai toko bebas pajak.

Dalam sejarahnya, Keluarga Tahir sempat menjalani masa pahit sebagai orang miskin. Namun kali ini Keluarga Tahir tercatat sebagai orang kaya ke 10 dengan total kekayaan Rp62,7 Triliun.

2. Djoko Susanto

Djoko Susanto menempati daftar orang kaya ke 9 di Indonesia. Ia adalah pemilik Group Alfamart. Sebelumnya, Djoko Susanto pernah bekerja sama dengan Putera Sampoerna sebelum akhirnya saham Sampoerna didominasi oleh Philip Morris International.

Saat ini Djoko Susanto fokus mengembangkan bisnis retailnya, hingga mengembangkannya ke berbagai brand seperti Dan Dan, Alfa Trex, Bright, Alfacart, Alfamidi, dan Lawson Station. Saat ini jumlah kekayaannya mencapai 62,7 Triliun.

3. Dewi Kam

Dewi Kam menempati daftar orang kaya ke 8 di Indonesia. Ia adalah satu satunya Wanita yang masuk dalam 10 jajaran orang terkaya di Indonesia.

Bisnisnya dalam PT Sumberenergi Sakti Prima masuk dalam PLTU atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap di salah satu daerah Sulawesi Selatan. Dewi Kam memiliki sumber kekayaan lain yaitu bisnis batubara dengan kepemilikan saham minoritas di PT Bayan Resources, Tbk yaitu 10 persen dan saham di perusahaan lainnya. Total kekayaannya saat ini berjumlah Rp62,7 Triliun.

4. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung menempati daftar orang kaya ke 7 di Indonesia. Ia adalah pemimpin sekaligus pemilik perusahaan CT Corp yang menaungi Bank Mega dan sebagainya.

Selain itu ada juga Trans corp yang menaungi Trans TV, Trans 7, Trans Vision, Detik.com, CNN Indonesia, Transmart, Carrefour, Groserindo, Metro, Baskin Robin, Wendys, dan lainnya. Saat ini total kekayaannya berjumlah Rp73,1 Triliun.

5. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono merupakan pemilik perusahaan perkebunan kelapa sawit bernama Bumitama Agri Ltd dan pemilik Harita Group.

Melalui anak perusahaannya PT Halmahera Persada Legend, Harita mengelola tambang dan smelter nikel di Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Selain itu ia memiliki pertambangan bauksit bernama PT Cita Mineral Investindo. Ia memiliki kekayaan Rp 73,1 Triliun.

6. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu adalah pemilik PT Barito Pacific Tbk. Ia juga pemilik PT Chandra Asri yang merupakan perusahaan pengolahan dan manufaktur petrokimia yang merupakan objek vital nasional Indonesia. Saat ini kekayaannya mencapai Rp79,1 Triliun.

7. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia adalah pendiri dan ketua Indorama Corporation yang merupakan perusahaan Petrokimia dan textil.

Indorama Corporation berkantor di singapura. Pada tahun 2006 lalu, Indorama Corporation mengakuisisi sebuah pabrik di Nigeria, hingga saat ini Indorama Corporation menjadi perusahaan terbesar di Afrika Barat.

Sri Prakash Lohia tercatat dalam majalah Forbes sebagai sosok terkaya no 4 di Indonesia, dengan total kekayaannya berjumlah Rp110,5 Triliun.

8. Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono adalah pemilik PT Djarum yang merupakan perusahaan rokok kretek. Namun dalam mengembangkan bisnisnya, ia ditemani sang Adik setelah ayahnya meninggal dunia.

Bersama Adiknya, Michael Bambang Hartono berusaha terus mengembangkan bisnisnya, hingga saat ini, produknya merajai rokok kretek Amerika Serikat, jauh melebihi Gudang Garam dan sampoerna.

Selain menggeluti dunia rokok, Michael Bambang Hartono dan Adiknya menguasai saham terbesar yaitu 51 persen Bank BCA.

Selain itu, mereka berdua menguasai perkebunan sawit 65.000 Hektar di Kalimantan Barat, sejak tahun 2008.

Adapun gurita bisnis lainnya, melalui Djarum Group, mereka menguasai perusahaan teknologi seperti Kaskus, Kumparan, IDN Media, Tiket. Com, Gojek, Blibli.Com, dan Halodoc.

Saat ini Michael Bambang Hartono menempati orang terkaya no 3 di Indonesia, dengan total kekayaan Rp 345 Triliun.

9. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono adalah adik dari Michael Bambang Hartono yang merupakan orang terkaya no 3 ni Indonesia. Sama seperti kakaknya, Robert Budi Hartono pun merupakan pemilik PT Djarum, Kaskus, Kumparan, IDN Media, Tiket. Com, Gojek, Blibli.Com, Halodoc, dan perusahaan lainnya.

Saat ini, ia tercatat dalam majalah Forbes sebagai orang terkaya no 2 di Indonesia, dengan total kekayaan Rp361,4 Triliun.

10. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong adalah pemilik PT Bayan Resources yang merupakan perusahaan tambang batubara. Bukan hanya itu, Low Tuck Kwong juga memiliki perusahaan energi di singapura, perusahaan di dunia medis, Perhotelan dari berbagai investor, perusahaan pembuat kabel serta kawat listrik berbagai tegangan.

Selain itu, Low Tuck Kwong juga pendukung Seax Global yang membangun sistem kabel bawah laut yang membangun konektivitas internet penghubung Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Saat ini Low Tuck Kwong merupakan orang terkaya no 1 di Indonesia, dengan total kekayaan Rp380,8 Triliun. (mad/hops)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *