by

Jangan Makan Kue Nastar Berlebihan. Ini Alasannya

Hati-hati makan kue nastar jangan terlalu berlebihan.

DepokRayanews.com- Nastar menjadi salah satu kue lebaran yang dinikmati banyak orang. Serasa ada yang kurang kalau Nastar tidak ada di meja tamu saat lebaran. Meski begitu, ahli gizi mengingatkan sebaiknya tidak makan nastar ?berlebihan. Lho, kenapa ? Benarkah satu toples nastar isi 40 buah mengandung total 7.847 kilokalori (Kkal) ?

Pakar gizi kenamaan Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, mengatakan, kandungan kalori pada kue lebaran tergantung dengan penggunaan bahan-bahannya.

Misalnya pada kue nastar, kuning telur, buah nanas, gula, mentega, dan tepung terigu, merupakan bahan-bahan yang memiliki kadar kalori berbeda.

Semakin banyak penggunaan mentega, kuning telur, gula, dan tepung, semakin besar pula kalori yang dihasilkan.
“Jika resepnya seperti itu makan 1 buahnya saja sudah mengandung 196 kkal, sedangkan nasi putih 100 gram saja kalorinya 175 kkal. Sumbangan kalori terbesar berasal dari penggunaan mentega,” kata Rita.

“5 gramnya saja (mentega), sudah mengandung 50 kkal. Jika kemudian digunakan untuk satu resepnya mencapai 1/2 kg atau 500 gram, tentu saja kalorinya akan makin besar,” kata dia. (dri)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *