by

Keseruan Educoffee Trip di Perkebunan Kopi Sarongge Cianjur

DEPOKRAYANEWS.COM- Educoffee Trip volume dua yang digelar Pasar Kopi Depok (PKD) di Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat Rabu 14 Juni 2023 mendapat sambutan luar biasa dari pecinta Kopi dan komunitas dunia usaha Kota Depok.

Hal itu terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan yang mengedukasi masyarakat tentang dunia kopi, mulai dari penanaman, pemeliharaan, panen kopi, sampai kopi bisa diminum dengan cita rasa luar biasa.

Yang menarik adalah wisata panen kopi Sarongge yang dipandu tim Pasar Kopi Depok. Peserta yang dibagi dalam 3 tim itu berjalan kaki menelusuri perkebunan kopi Sarongge yang terletak di ketinggian lebih dari 1000 Mdl.

Nama Kopi Sarongge diambil dari nama Dusun Sarongge di Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Kawan perkebunan kopi itu menyuguhkan keindahan alam Gunung Gede. Kawasan di ketinggian 1000-1600 Mdpl.

Peserta dari komunitas dunia usaha antara lain Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Depok yang diketuai dr. Karlina, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kota Depok yang diketuai Rosmawary Ismail, alumni pelatihan barista dan peserta perorangan.

“Alhamdulillah Educoffee Trip volume dua berjalan sukses dan meriah karena diikuti Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok,Ketua IWAPI Kota Depok dan IPEMI Kota Depok, manajemen sejumlah perusahaan dan dari Rutan Kota Depok,” kata Aji, Ketua Pasar Kopi Depok, Rabu 14 Juni 2023. Dari Rutan Kelas 1 Kota Depok hadir Kepala Subseksi Bimbingan Kegiatan (Bimgiat), Didiek Nurbani bersama staf.

Menurut Aji, kegiatan edukasi kopi sangat menarik, terutama penikmat kopi dan yang punya usaha kafe. ”Di sini, peserta bisa belajar tentang dunia kopi, mulai dari jenis kopi sampai pada perbedaan rasa kopi,” kata Aji yang didampingi Sekretaris Pasar Kopi Depok, Dinda Dwimanda.

Sejumlah peserta mengatakan sangat senang dengan Educoffee Trip, karena sambil menikmati keindahan alam Gunung Gede, bisa memetik kopi. ”Apalagi bagi kita yang belum pernah mencoba memetik kopi langsung dari pohonnya, ini sangat menarik. Selama ini hanya sekedar minum kopi, tapi sekarang bisa memetik kopi dan melihat bagaimana proses produksi kopi. Pokoknya seru deh,”kata Ikbal, salah satu peserta.

Educoffee Trip, kata Aji, adalah salah satu kegiatan yang rutin diselenggarakan Pasar Kopi Depok. Kegiatan lain adalah bazar pasar kopi yang digelar di halaman Dekranasda. Pasar Kopi Depok juga melakukan pelatihan barista bekerjasama dengan Pemkot Depok, termasuk bagi warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) kelas 1 Kota Depok. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *