by

KBRI Malaysia Undang IWAPI Depok Ikut ASEAN Festival, Bawa Produk Unggulan

Depokrayanews.com- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia mengundang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Depok untuk ikut ASEAN Festival akhir November 2023 di Kuala Lumpur.

“Kami akan fasilitasi IWAPI Depok untuk membuka pasar produk UMKM di Malaysia,” kata Hendra P. Iskandar, Minister Counsellor Economic Affairs pada KBRI Malaysia, pada acara Seminar Bisnis Momentum Wanita Pengusaha Dalam Memenangkan Persaingan Global Dunia di Rumah Sakit Graha Permata Ibu (RS GPI), Kota Depok, Jumat 20 Oktober 2023.

Hendra sengaja datang ke Depok dengan membawa sejumlah pengusaha Malaysia, antara lain Wan Suhaimie Head Economic Research Kenanga Investment Bank Berhad, Managing Director H2 Energi SDN BHD Muhammad Hatta B. Sukarni yang juga pengurus asosiasi jasa kontruksi infrastruktur dan DR. Mohd. Fazlin AB Rahman Presdir Fastlane Group International.

Menurut Hendra, ASEAN Festival yang diikuti 10 negara itu merupakan ajang promosi ekonomi kreatif, kebudayaan, kuliner, batik dan produk-produk makanan. Karena itu, Hendra berharap IWAPI Depok bisa menampilkan produk-produk unggulan.

“Karena saya lihat ada beberapa produk unggulan UMKM yang sudah dikemas dengan baik dan sudah layak dipasarkan di luar negeri, terutama di Malaysia,” kata dia. Menurut Hendra, produk Indonesia belum bisa menembus pasar ekspor kalau belum bisa diterima di Malaysia.

“Negara terdekat kita adalah Malaysia, kita bangsa serumpun yang memiliki lidah yang sama dan selera yang sama. Kenapa kita tidak masuk ke sana?” kata dia.

Tapi sebelum masuk ke Malaysia, UMKM harus benar-benar memperhatikan kualitas, termasuk kemasan supaya tampil menarik. Kemudian produknya harus dilengkapi dengan sertifikasi halal, dan expire date (tanggal kadaluarsa) dicetak dengan bagus, bukan ditulis tangan. “Kita harus membuat orang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan produk kita, ini harus menjadi perhatian utama bagi pelaku UMKM,” kata dia.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) IWAPI Depok, dr. Karlina, MARS menyambut baik undangan sekaligus tantangan yang disampaikan KBRI Malaysia. ”Undangan dan tantangan dari KBRI Malaysia yang disampaikan Pak Hendra ibarat bensin bagi kami, yang membakar semangat kami untuk meraih peluang itu,” kata Karlina.

Menurut Karlina, IWAPI Depok akan mengikuti ajang internasional itu dengan menampilkan produk-produk unggulan anggota IWAPI Depok

“Kami ingin memperkenalkan produk UMKM Depok ke tingkat dunia, sekaligus test market seperti apa minat masyarakat Malaysia terhadap produk UMKM,” tegas Karlina. IWAPI Depok akan membawa produk-produk khas Depok seperti batik, kuliner, kerajinan tangan dan berbagai produk khas lainnya.

“Kita akan bawa satu dua produk kuliner beserta chef-nya untuk demo masak di ASEAN Festival. Saya optimis dengan produk kuliner karena lidah orang Malaysia dan Indonesia sama sehingga memiliki selera yang sama,” kata pemilik RS Grha Permata Ibu itu.

Untuk mempersiapkan para wanita pengusaha menembus global, IWAPI Depok menggelar seminar bisnis yang
menghadirkan pembicara Hendra P. Iskandar dan tokoh dan pengusaha wanita Indonesia Dr. Dewi Motik Pramono.

“Semoga ilmu yang didapatkan hari ini bisa diterapkan sehingga makin banyak produk UMKM Depok masuk pasar global,” kata Karlina. Usai seminar, Ketua DPC IWAPI Depok, dr. Karlina, MARS melantik pengurus empat ranting IWAPI. (red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *