by

Ketika Demam dan Pilek, Qiara Sempat Diberi Obat Sirop

DEPOKRAYANEWS.COM- Soliha, orang tua Azqiara Anindita Nuha (3,8 tahun) balita yang diduga meninggal akibat gagal ginjal akut meceritakan gejala awalnya yang dialami putrinya.

Soliha merupakan warga Rawa Geni, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.

Menurut Soliha, awalnya Qiara–begitu Azqiara Anindita Nuha biasa dipanggil, mengalami panas tinggi dan mengalami penurunan air kencing sebelum dinyatakan gagal ginjal akut. Ketika demam dan pilek, Qiara sempat diberi obat sirop pada Jumat 7 Oktober 2022 lalu.

”Saya kasih obat yang ada dirumah, saya kasih paracetamol, pileknya obat rinos. Panas dan pileknya sudah enggak, makanya gak saya bawa dokter,” kata dia.

Tapu setelah diberikan obat sirop, tetap muntah, bahkan sampai 15 kali, akhirnya anak saya dibawa ke klinik,” kata Soliha kepada wartawan, Jumat 21 Oktober 2022.

Dokter klinik kembali memberikan obat dan berpesan apabila tidak ada perkembangan yang baik, Qiara harus segera dibawa ke IGD rumah sakit.

Karena kondisinya tak kunjung membaik, Qiara akhirnya dibawa ke RS Bunda pada Minggu 9 Oktober 2022 malam. Tim dokter pun langsung memberikan penanganan medis.

“Di situ saya lupa bilang bahwa anak saya itu tidak pipis. Jadi selama muntah-muntah itu anak saya tidak pipis,” kata Soliha.

Tim dokter rumah sakit kemudian melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Hasilnya, Qiara didiagnosa menderita gagal ginjal akut stadium tiga.

“Saya merasa hancur setelah dilakukan pengecekan, keluarlah hasil laboratorium anak saya mengidap gagal ginjal akut,” kata Soliha.

Setelah itu, penurunan kesehatan Qiara sangat cepat. Hanya rentang waktu selama satu malam usai menjalani perawatan, Qiara kembali diperiksa dan hasilnya divonis gagal ginjal akut stadium enam. Sehingga perlu dirujuk ke rumah sakit tipe A yang memiliki HD.

Namun rumah sakit tipe A yang menjadi rujukan sedang penuh. Soliha mencari rumah sakit lain hingga Jakarta. Akhirnya Qiara bisa dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. “Qiara dirujuk ke rumah sakit RSCM kalau tidak salah pada Selasa (11/10),” kata dia. (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *