by

Melestarikan Tradisi Potong Kebo Andilan Menjelang Idul Fitri di Kota Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Kota Depok memiliki tradisi dan kebiasaan unik jelang perayaan Hari Raya Idulfitri atau lebaran yang sudah turun temurun dari leluhur Betawi-Depok, yaitu memotong hewan kebo dari hasil patungan atau andilan.

Kebiasaan tersebut kini terus dilestarikan oleh Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD), dan sangat didukung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, tradisi andilan merupakan bentuk perekat kebersamaan. Sekaligus untuk meringankan para peserta potong kebo andilan dalam memenuhi kebutuhan daging di Hari Raya Idulfitri.

“Upaya KOOD untuk mengeksiskan potong kebo andilan sangat baik, Pemkot Depok sangat apresiasi. Harapan kami masyarakat bisa mempertahankan budaya andil ini,” kata Supian seperti dilansir laman resmi Pemot Depok, Minggu1 Mei 2022.

Pada lebaran tahun ini, tradisi potong kebo andilan dilakukan di Kelurahan Cilodong. Walikota Depok Mohammad Idris ikut menyembelih kebo andilan.

Sementara itu, Ketua Umum KOOD Haji Ahmad Dahlan berharap agar kegiatan potong kebo andilan dapat digelar setiap tahunnya. Jika memungkinkan KOOD tingkat kecamatan juga melakukan hal serupa setiap bulan Ramadan.

“Andilan atau ikut patungan beli kebo adalah kegiatan yang memiliki nilai histori dan edukasi yang sangat bagus untuk diketahui oleh generasi penerus orang-orang Depok,” kata dia.

Selain lebaran Depok, tradisi andilan harus diupayakan untuk digelar setiap tahun. “Alhamdulillah sudah empat tahun berturut-turut andilan digelar. Semoga semakin dilestarikan,” kata Dahlan. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *