by

Tradisi Ngubek Empang Menjelang Lebaran Betawi Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) sukses menggelar acara tradisi Ngubek Empang di Kelurahan/Kecamatan Bojongsari.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Lebaran Depok Tahun 2023 yang digelar mulai tanggal 17-20 Mei 2023 mendatang, di kawasan Garden at Candi Sawangan, Kecamatan Bojongsari.

Pihak panitia menebar empat kuintal atau 400 kilogram ikan dalam satu kolam. Ikan yang disebar beragam macam, meskipun paling banyak ikan mas.

Ngubek Empang merupakan kegiatan pertama dari beberapa rangakaian acara yang ada dalam Lebaran Depok 2023. Selain itu, akan ada kegiatan Nyedengin Baju, potong Kebo Andil, Pasar Pengabisan dan juga Rantangan.

Tradisi Ngubek Empang itu disambut antusias warga Kota Depok. Uce misalnya, warga Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, tidak bisa menyembunyikan rasa gembirnya bisa ikut acara Ngubek Empang, menangkap ikan dengan tangan kosong,

“Saya gembira dapat meramaikan kegiatan Ngubek Empang, karena ini merupakan tradisi warga Betawi Depok yang sudah ada sejak zaman dahulu,” kata Uce di sela-sela acara Ngubek Empang di pemancingan kawasan Bojongsari, Senin 15 Mei 2023.

Kedatangannya dalam acara Ngubek Empang itu, merupakan bentuk dukungannya terhadap tradisi yang sudah ada sejak lama agar tetap dilestarikan oleh generasi muda. “Alhamdulillah, atas nama warga Kelurahan Pondok Petir saya sangat senang, mudah-mudahan kegiatan Lebaran Depok tahun 2023 bisa berjalan dengan lancar,” kata dia.

Di tempat yang sama, Idin Ibrahim, yang sengaja datang jauh-jauh dari Kecamatan Cimanggis, berharap Ngubek Empang tidak hanya diadakan di tingkat kota, tapi juga ditingkat kelurahan.

“Ini pertama kalinya saya ikut acara Ngubek Empang. Tradisi ini harus terus dilestarikan agar dikenal oleh masyarakat luas,” kata dia. “Alhamdulillah, saya membawa lima orang yang ikut turun mencari ikan di Ngubek Empang, dan dapat 35 ekon ikan gratis,” tambah Idin.

Tradisi Ngubek Empang memang menjadi kebiasaan bagi orang tua zaman dahulu sebelum merayakan Lebaran. Tradisi menangkap ikan dengan tangan kosong ini dilakukan warga Betawi Depok sebagai persiapan Hari Raya Idulfitri.

Ketua Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) Ahmad Dahlan mengatakan pada zaman dulu tradisi Ngubek Empang rata-rata dilakukan oleh warga dengan ekonomi pas-pasan sejak satu tahun sebelum lebaran. Mereka melakukan urunan membeli ikan yang selanjutnya dipelihara dalam satu empang atau kolam.

“Misal ada 10 orang patungan bareng-bareng, nah pas mau lebaran dibedah atau diubek empangnya,” baba Dahlan.

Selain Ngubek Empang ada juga tradisi lain dalam menyambut Hari Raya Idulfitri. Di antaranya, potong Kebo Andil, Nyedengin Baju, Pasar Pengabisan dan juga rantangan. “Seluruh kegiatan ini masuk dalam rangkaian menyambut Lebaran Depok,” kata dia.

Dahlan berharap tradisi seperti ini bisa terus dilestarikan agar generasi milenial tahu bahwa Kota Depok memiliki tradisi yang harus dipertahankan.

“Ini hal luar biasa yang harus kita contoh bahwa sebuah tradisi sangat penting dilestarikan dan jangan sampai hilang,” ujarnya. (ril/red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *