by

Miris, Depok Punya 178 Koperasi, Tapi Hanya 66 yang Aktif

DEPOKRAYANEWS.COM– Jumlah koperasi di Kota Depok tahun 2022 mencapai 178 unit, naik dibanding tahun 2021 yang hanya 166 unit. Tapi sayangnya, dari jumlah itu, hanya 66 koperasi yang aktif. Padahal pada tahun 2021, masih ada 74 koperasi yang aktif.

Kepala Bidang Kelembagaan, Pengawasan dan Bina Usaha Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Bambang Supoyo mengatakan berdasarkan undang-undang, koperasi aktif adalah koperasi yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan melaporkan ke dinas.

Ketika ditanya, kata Bambang, pengurus koperasi itu mempunyai alasan tersendiri tidak melaksanakan RAT dan melaporkannya. ”Sebetulnya, melaporkan hasil RAT itu penting, karena hasil tersebut akan dimasukkan dalam Online Data System (ODS),” tegas Bambang.

Menurut Bambang, Kementerian Koperasi akan menetapkan grade koperasi. Jika koperasi rutin melaksanakan dan melaporkan RAT, maka grade koperasi akan meningkat.

Bambang mengakui mengalami berbagai kendala ketika mendata jumlah koperasi. Pertama, ketika turun ke lapangan, lokasi koperasi benar-benar tidak ditemukan. Kedua, alamat koperasi yang tidak sesuai atau sudah pindah alamat.

“Koperasinya masih ada. Namun, pindah ke lokasi lain, ada perubahan alamat dari A ke B dan pihak koperasi tidak menginformasikan kepada kami kalau alamatnya pindah,” kata Bambang Supoyo.

Selain itu, ada juga koperasi yang sudah bubar berdasarkan kesepakatan internal. Namun, tidak melaporkan kepada dinas.(ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *