by

Ngeri ! Wamenkes Sebut 40-50 Persen Warga Indonesia Rentan Terpapar Varian Omicron

Depokrayanews.com- Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyebut 40-50 persen penduduk Indonesia rentan terpapar virus corona (Covid-19) dengan varian baru B.1.1.529 atau yang dikenal dengan varian Omicron.

Apabila merujuk pada data Badan Pusat Statistika (BPS) per September 2020 yang mencatat jumlah penduduk Indonesia sebanyak 270,2 juta jiwa, maka 40-50 persen penduduk Indonesia itu setara dengan 82-135 juta jiwa.

“Kalau melihat 1,2 [kecepatan penularan varian Omicron lebih parah dari Delta] ya kira-kira 40-50 persen penduduk yang kemudian rentan terkena,” kata Dante dalam acara daring, Kamis 2 Desember 2021.

Namun demikian, kata Dante, masih perlu banyak penelitian untuk mengungkapkan segala karakteristik yang dimiliki varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan ini.

Dante menyebut penelitian itu meliputi empat aspek.Pertama, tingkat keparahan varian terhadap pasien. Kedua, pengaruh varian terhadap kebal tidaknya dengan obat-obatan tertentu. Ketiga, tingkat penularan terhadap orang lain, dan keempat yakni potensi varian untuk menghindar dari imunitas yang diperoleh baik secara alami pasca terinfeksi hingga vaksinasi.

“Kalau ini menjadi immune escape, bahwa yang diimunisasi itu juga bisa tertular lagi. Maka ini bisa menjadi lebih besar lagi,” kata dia.

Dante mendorong agar seluruh masyarakat Indonesia tak lagi menolak untuk mendapatkan vaksin Covid-19, terutama yakni kelompok rentan seperti warga lanjut usia (lansia).

Data Kemenkes per 2 Desember menyebutkan baru 11.635.807 orang lansia telah menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona. Sementara itu, baru 7.489.612 orang lansia yang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-19 di Indonesia.

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran lansia sebanyak 21.553.118 orang baru menyentuh 53,99 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 34,75 persen. (mad/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed