Nilai Transaksi E-Commerce Diprediksi Capai Rp 146 Triliun

Sebarkan :

 
Deddy Mizwar akan diusung berpasangan dengan Ahmad Syaikhu pada Pilkada Jabar tahun depan.

Deddy Mizwar akan diusung berpasangan dengan Ahmad Syaikhu pada Pilkada Jabar tahun depan.

Depokrayanews.com- Nilai transaksi e-commerce tahun ini diprediksi mencapai Rp 146 triliun, naik 215,34 persen dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya, Rp 67,8 triliun.

“Dalam satu tahun terakhir, realisasi transaksi e-commerce mencapai Rp 75 triliun,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), Deddy Mizwar, pada Pembukaan Cooperative Fair ke-14 di Metro Indah Mall (MIM), Bandung, Kamis (10/8/2017)

Menurut Deddy, transaksi e-commerce pada 2014 baru sekitar Rp 25 triliun. Ini, kata dia, adalah peluang yang harus dimaksimalkan pelaku UMKM. Jadi, digitalisasi harus dilakukan.

Melalui digitalisasi, kata Deddy, pasar yang bisa disasar bukan hanya di Indonesia, melainkan dalam skala global.

Dalam skup yang lebih kecil saja, regional ASEAN, ada lebih dari 600.000 populasi yang menjadi pasar potensial bagi produk UMKM Indonesia, khususnya Jabar.

Deddy mengatakan, bukan hanya pengguna internet, populasi yang belum tersentuh internet di ASEAN pun bisa menjadi pasar produk UMKM yang sudah go online. Karena, mereka yang berbelanja online bukan hanya konsumen akhir, tapi banyak juga reseller.

Saat ini, banyak produk Jabar yang sampai ke sejumlah negara ASEAN berawal dari pemasaran online.

“Buyer dari luar negeri mengetahui produk tersebut dari media sosial dan kembali memasarkan dari negara mereka,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah Jabar sangat konsen mendorong digitalisasi UMKM. Selain untuk mendongkrak pemasaran produk Jabar, melalui digitalisasi, UMKM juga bisa mendongkrak daya saing mereka.

Untuk pasar Indonesia saja, kata dia, pada 2016 sudah ada 24,74 juta dari sekitar 102,8 juta pengguna internet yang berbelanja online di aekumlah e-commerce. Setiap pengguna e-commerce di Indonesia, rata-rata membelanjakan Rp 3 juta per tahun.

Tahun ini, jumlah pengguna internet di Indonesia diprediksi bertambah menjadi 112 juta dan akan menyalib Jepang yang saat ini menjadi negara dengan pengguna internet terbesar kelima di dunia. “Indonesia saat ini berada di urutan keenam,” kata Deddy. (rol)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

65 Prajurit TNI Jadi Tersangka Penyerangan Polsek Ciracas

Depokrayanews.com- Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI kembali mengumumkan tersangka kasus penyerangan Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur, ...