Pemerintah akan Luncurkan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112.

Sebarkan :

 
Plt Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi, Hardiono.

Plt Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi, Hardiono.

Depokrayanews.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan meluncurkan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112.

Kota Depok ditunjuk sebagai salah satu dari 10 kota yang menjadi pilot project diluncurkannya Emergency Call 112.

“Depok termasuk dari sepuluh kota pilot project yang masuk ke dalam batch pertama yang akan go alive bersama Kota Tangerang, Kota Bandung, dan Kota Bogor pada tanggal 1 Desember 2016 mendatang di Kota Tangerang,” kata Staff Direktorat Pengembangan Pitalebar Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI), Wibi Noviardi di Depok. Senin (28/11/2016).

Menurut Wibi, pelayanan gratis Emergency Call merupakan wujud pelayanan prima dalam memberikan rasa aman pada masyarakat.

Hal ini merupakan perwujudan dari program Nawa Cita Presiden Jokowi yang pertama, yakni memberikan rasa aman pada warga negara.

“Kami ingin masyarakat aman dan mendapat penanganan yang cepat dari kondisi kebakaran, bencana, kriminalitas, dan kesehatan,” kata Wibi.

Sebanyak 12 orang agen call taker dengan 3 orang supervisor sudah dipersiapkan untuk melayani pelaporan yang masuk ke 112 selama 24 jam 7 hari dalam seminggu.

Operator akan menerima keluhan dan aduan dari masyarakat. Selanjutnya, operator akan mencatat identitas penelepon, dan meneruskannya ke pihak atau dinas terkait. Dengan demikian, laporan tersebut mampu menginformasikan anggota yang berada di lapangan langsung ke lokasi kejadian.

“Kemenkominfo bertindak sebagai katalisator Pemda se-Indonesia salah satunya, yakni Pemkot Depok, agar Pemda menyediakan satu layanan laporan masyarakat untuk kegawatdaruratan. Kami juga siapkan call center baik dari sistem, teknologi, koneksi, dan SDM,” katanya.

Senada dengan hal itu, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Hardiono menyampaikan apresiasi kepada pihak Kominfo atas ditunjuknya Kota Depok sebagai pilot project.

Pemkot Depok lanjutnya akan memanfaatkan semaksimal mungkin dan memfasilitasi inisiasi program emergency call 112 dalam mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Kominfo atas ditunjuknya Kota Depok sebagai pilot project,”kata dia. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemerintah dan DPR Sepakat Pilkada Serentak Tetap Digelar 9 Desember

Depokrayanews.com- Pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilihan umum sepakat Pilkada serentak 2020 tetap akan digelar pada ...