by

Polisi Amankan Bendera ‘HTI’ yang Terpasang di Tempat Acara Deklarasi Dukungan Anies Baswedan Capres 2024

DEPOKRAYANEWS.COM- Polres Metro Jakarta Selatan telah mengamankan 4 bendera ‘HTI’ yang bertuliskan kalimat tauhid yang dipasang di lokasi acara deklarasi dukungan Anies Baswedan sebagai Capres 2024, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

“Jadi begitu ada informasi seperti itu, kita langsung di TKP itu kita amankan benderanya. Saat ini sudah diamankan di Polres,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto kepada wartawan, Rabu 8 Juni 2022.

Polisi juga telah meminta keterangan sejumlah orang di lokasi. Saat ini polisi masih melakukan pendalaman terkait kejadian pengibaran bendera HTI di deklarasi Anies jadi capres ini.

“Kita sudah mintai keterangan beberapa orang, proses masih berjalan. (Selain panitia), dari sekuriti juga,” imbuhnya.

Lebih lanjut Budhi menjelaskan pihaknya masih akan mendalami hal itu. “Nanti kita lihat ke depan saja. Sekarang ini masih fokus melakukan pendalaman dulu,” imbuhnya.

Terkait penyelenggaraan kegiatan deklarasi di hotel di Pancoran, Jaksel, itu, Budhi mengatakan panitia telah mengantongi perizinan.
“Setahu saya memang sudah ada izin keramaiannya,” kata dia.

Sebelumnya, kelompok yang menamakan diri ‘Majelis Sang Presiden Kami’ menggelar deklarasi dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Acara ini diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Seperti diberitakan sebelumnya, bendera ‘HTI’ sempat terpajang di panggung acara. Bendera tersebut dipasang peserta dengan disandingkan bersama bendera Merah Putih.

Bendera tersebut terpajang dari sebelum acara dimulai. Namun, sebelum acara dimulai, sempat ada ketegangan karena panitia meminta agar bendera berkalimat tauhid yang dipasang peserta itu diturunkan.

Panitia yang meminta bendera tersebut diturunkan menyebut bendera tauhid hitam-putih itu sebagai bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Diketahui, HTI sebagai ormas sudah resmi dilarang di Indonesia. (mad/ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *