by

Profil Laksamana Yudo Margono, Calon Tunggal Panglima TNI

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Joko Widodo sudah memutuskan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang pensiun pada Desember 2022.

Nama Yodo sudah disampaikan ke Ketua DPR RI, Puan Maharani. Rencananya, DPR akan melakukan fit and proper test terhadap Yudo pada Rabu 30 November 2022 mendatang.

Berikut profil Laksamana Yudo Margono, termasuk harta kekayaannya:

Yudo Margono merupakan seorang perwira tinggi (Pati) TNI AL yang menjabat sebagai KSAL sejak 20 Mei 2020. Yudo Margono menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Yudo Margono lahir pada 26 November 1965 dan besar di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Madiun, Jawa Timur. Yudo lahir dari keluarga sederhana yang berprofesi sebagai Petani. Ia mengenyam pendidikan dasar di SDN 02 Garon dan menamatkan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Mejayan.

Dalam riwayat pendidikannya, dia pernah menjadi bagian dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-33 dan lulus tahun 1988. Sepak terjangnya di TNI Angkatan Laut terbilang cukup cemerlang. Dia pernah menjadi Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal di KRI YNS 332 (1988) sebelum akhirnya menempati posisi Kadep Ops KRI Ki Hadjar Dewantara 364.

Selain itu, Yudo Margono juga pernah menempati jabatan strategis seperti Komandan KRI Ahmad Yani-351, Komandan Lanal Sorong (2008), Komandan Satkor Koarmatim, hingga Komandan Kolat Koarmabar tahun 2012.

Kariernya di Angkatan Laut semakin bersinar ketika ditunjuk sebagai Komandan Lantamal I Belawan (2015-2016), Kepala Staf Koarmabar (2016-2017), hingga Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil). Laksamana Yudo Margono setelahnya dipercaya sebagai Pangarmada I (2018-2019) sebelum akhirnya menjabat Pangkogabwilhan I (2019-2020).

Saat itu, tugas Yudo cukup berat karena sedang muncul isu pelanggaran kedaulatan wilayah perairan Natuna oleh kapal China. Atas jasa dan pengabdiannya kepada bangsa Indonesia, berbagai bintang tanda jasa pun turut diraih Yudo seperti Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Jalasena Pratama, Satya Lencana VIII, dan Satya Lencana Wira Nusa.

Yudo Margono memiliki seorang istri bernama Veronica Yulis Prihayati. Dikenal sebagai seorang perwira menengah Polri, dia juga menjabat sebagai Ketua Umum Jalasenastri. Istri Laksamana Yudo Margono ini cukup aktif dalam berbagai kegiatan pembinaan istri-istri TNI Angkatan Laut, termasuk memberi pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kepada para anggotanya. Pada 20 Mei 2020, Yudo Margono resmi dilantik menjadi KSAL. Sekadar informasi, upacara serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin langsung oleh Panglima TNI kala itu, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Berapa kekayaan Laksamana TNI Yudo Margono ?. Berdasarkan data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik KPK, yang disampaikan Yodo pada Maret 2022, kekayaan Laksamana Yudo Margono mencapai Rp 17,97 miliar.

Sebagian besar harta miliknya terdiri atas tanah dan bangunan. Sementara untuk total seluruh tanah dan bangunan yang dimilikinya mencapai Rp 10,45 miliar.

Yudo memiliki tanah dan bangunan sebanyak 51 yang tersebar di Kab/Kota Sidoarjo, Kab/Kota Surabaya, Kab/Kota Bekasi, Kab/Kota Sorong, Kab/Kota Bogor, Kab/Kota Tangerang, Kab/Kota Madiun.

Selain itu, Yudo juga memiliki lima alat transportasi dan mesin dengan total mencapai Rp 1,63 miliar. Sedangkan untuk harta bergerak lainnya sebesar Rp 365 juta, kas dan setara kas sebesar Rp 5,52 miliar.

Yudo tidak memiliki hutang dalam bentuk apapun. Oleh karena itu KSAL Laksamana TNI Yudo Margono tercatat memiliki total kekayaan mencapai Rp 17.970.088.086. (red/mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed