by

Saat Diberlakukan Contraflow, Tol Jakarta- Cikampek Macet sampai 5 Km

Depokrayanews.com- Antrean panjang lterjadi di Tol Jakarta Cikampek (Japek) 2 Selatan arah Jakarta saat diberlakukan contraflow pada sore ini, Minggu 14 April 2024.

Kemacetan mulai terjadi dari pintu Tol Japek 2 hingga kilometer (KM) 78 arah Jakarta. Seorang pemudik bernama Innes mengatakan sejak pukul 16.15 WIB, kendaraan sempat terhenti dan membuat kemacetan terjadi hingga kurang lebih 5 km.

“Setelah keluar pintu tol, kayaknya efek macetnya itu karena baru contraflow lagi. Tadinya kan one way. Karena contraflow, terjadi penyempitan jalan,” kata Innes seperti dikutip CNNIndonesia.com.

“Antrean panjang, mobil stuck, enggak bergerak,” kata dia.

Karena banyaknya kendaraan, lalu lintas pun dialihkan dari KM 82 Tol Japek. Pukul 16.50 WIB, kendaraan sudah bisa kembali melaju.

Polisi melakukan rekayasa arus lalulintas untuk memecah kemacetan di beberapa titik yang dipadati kendaraan pemudik ataupun kendaraan umum.

Adapun rekayasa yang dilakukan, pertama polisi melakukan pengalihan arus di Tol Japek, untuk menghindari kepadatan kendaraan.

“Untuk menghindari terjadinya kepadatan di Tol Japek maka arus lalu lintas dari Tol Cipularang mengarah Jakarta akan dialihkan via Tol Japek 2 Selatan (exit Simpang Susun Sadang Km 76 B),” kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo, Minggu 14 April 2024.

Sementara rekayasa lainnya, yakni polisi melakukan pengalihan arus lalulintas menuju Jakarta melalui kawasan Lembang, Bandung Barat, dialihkan menggunakan jalur Subang.

Hal itu diterapkan untuk menghindari kepadatan kemacetan, saat arus balik ke arah Jakarta.

“Untuk menghindari terjadinya kepadatan di tol Cipularang arus lalulintas dari Lembang mengarah Jakarta, dialihkan via Subang dan masuk tol Cipali Via GT Cilameri,” katanya.

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *