Senyum Ceria Anak 5 Tahun Berkat JKN

Sebarkan :

 
Salfa penderita penyakit yang mengakibatkan penumpukan cairan di otak, kini sudah sembuh dan bisa bermain kembali dengan temannya.

Salfa penderita penyakit yang mengakibatkan penumpukan cairan di otak, kini sudah sembuh dan bisa bermain kembali dengan temannya.

Depokrayanews.com- Salfa anak berusia 5 tahun adalah salah seorang peserta BPJS Kesehatan yang bertempat tinggal di Jalan Bolong Sari RT 005/RW 004, Kelurahan Ratu Jaya, Kota Depok.

Di usianya yang baru menginjak 5 tahun, Salfa telah menderita penyakit hydrocephalus, di mana terjadi pembengkakan di kepala dan telinganya tidak berfungsi dengan baik.

Hydrocephalus merupakan penyakit, di mana terjadi penumpukan cairan di otak.

Pada keadan normal, dalam ruangan otak terdapat cairan otak yang jumlahnya sekitar 150 ml. Cairan ini diproduksi oleh suatu bagian otak yang keseimbangannya diatur melalui sistem sirkulasi tersendiri dan diserap oleh bagian lain di otak.

Karena suatu sebab, cairan otak tersebut dapat menumpuk dalam ruangan atau rongga cairan otak (dalam bahasa kedokteran disebut ventrikel otak), sehingga mengakibatkan otak yang terdesak menjadi tipis dan tengkorak membesar.Tentu penyakit tersebut sangat menyiksa terutama bagi seorang anak.

Kesehatan Salfa dilaluinya bukan dengan bersenang senang seperti anak sebayanya pada umumnya. Namun dia, menghabiskan hari-harinya dengan melawan penyakit yang ia derita.

Dia telah menjalani serangkaian pengobatan mulai dari check up rutin tiap bulannya di Puskesmas Cipayung yang menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertamanya hingga ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Di RSCM, ia bahkan diberikan alat bantu dengar (ABD) karena telinganya yang tidak berfungsi dengan baik

Tentu pengobatan seperti itu membutuhkan biaya yang sangat besar. Beruntung Salfa tergabung dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),sehingga ia tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatannya. Karena dengan adanya program JKN, maka tidak ada tambahan biaya yang ia keluarkan dan prosesnya pun cepat.

Kini, ia pun sembuh dan dapat menjalani kehidupannya dengan bahagia.

Kini, ia dapat menjalani kehidupannya dengan normal. Bermain seperti anak seusianya pada umumnya telah dapat dia rasakan.

Salfa sangat berharap program JKN ini terus dilanjutkan agar semakin banyak orang yang seperti dirinya dapat tertolong. (ad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Depok Ajak Ummat Islam Baca Qunut Nazillah agar Covid-19 segera Hilang

Depokrayanews.com- Walikota Depok Mohammad Idris mengajak ummat Islam membaca Qunut Nazillah di setiap sholat lima ...