by

Serunya Berebut Ikan di Tradisi Ngubek Empang Depok

Depokrayanews.com- Ribuan orang yang terdiri dari unsur perangkat daerah dan warga Kota Depok rebutan mengambil ikan dalam tradisi Ngubek Empang yang digelar di Jalan Abdul Ghani, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, pada Kamis 16 Mei 2024.

Ngubek Empang merupakan tradisi atau kebiasaan bagi orang tua zaman dahulu di Kota Depok sebelum merayakan Lebaran. Tradisi menangkap ikan dengan tangan kosong ini dilakukan warga Betawi Depok sebagai persiapan Hari Raya Idulfitri.

Acara seru dan meriah itu digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) Berbudaya dalam rangka memeriahkan acara Lebaran Depok.

Ngubek empang dibuka oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris ditandai dengan pelepasan secara simbolis puluhan ekor ikan ke empang.

“Alhamdulillah, antusias warga dan perangkat daerah sangat tinggi, lewat Ngubek Empang ini kita kenalkan budaya Depok ke anak dan cucu,” kata Sekretaris Umum Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) Berbudaya, Nina Suzana, Kamis 16 Mei 2024.

Sebanyak enam kwintal ikan dari berbagai dilepas ke empang untuk ditangkap oleh peserta. Mereka menangkap ikan-ikan itu dengan tangan kosong, tidak boleh menggunakan alat pancing ataupun alat tangkap lainnya.

Ngubek Empang ini merupakan pra kegiatan dari Lebaran Depok yang akan dimulai Jumat 17 Mei 2024 besok sampai hari Minggu, mohon doanya dari semua warga Depok,” kata Nina.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Lebaran Depok 2024, Dede Hidayat mengucapkan terima kasih kepada panitia dan peserta yang telah menyukseskan acara Ngubek Empang hari ini. Mulai dari persiapan sampai pelaksanaannya.

Dikatakannya, Lebaran Depok ke-6 ini merupakan kolaborasi yang dilakukan antara Pemerintah Kota Depok dengan KOOD Berbudaya. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *