Silakan Hubungi Chika dan Vika, Peserta Tidak Perlu ke Kantor BPJS Kesehatan

Sebarkan :

 

Layanan Chika dan Vika

Depokrayanews.com- Ditengah bencana penyebaran Virus Covid-19, BPJS Kesehatan meluncurkan layanan yang memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengurus keperluan JKN-KIS tanpa harus ke Kantor BPJS Kesehatan. Layanan tersebut adalah Chika dan Vika.

Chika merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon Artificial Intelligence atau sistem. Sedangkan Vika merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan kepesertaan JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Elisa Adam mengungkapkan bahwa pengembangan Chika dan Vika bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS. Menurutnya kondisi saat ini yang mengharuskan dilakukannya physical distancing (jaga jarak – di rumah saja) karena adanya penyebaran virus covid-19 membuat masyarakat sulit untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk mengurus keperluan JKN-KIS. Hadirnya Chika dan Vika ini pun dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut.

“Chika bisa diakses melalui facebook messenger di https://www.facebook.com/BPJSKesehatanRI, kemudian aplikasi telegram di https://t.me/BPJSKes_bot, dan melalui whatsapp di 08118750400. Sedangkan untuk Vika dapat diakses melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” kata Elisa, Kamis 26 Maret 2020.

Elisa mengungkapkan bahwa terdapat beberapa fitur layanan Chika pada Facebook Messenger yaitu fitur profil peserta yang memuat status kepesertaan dan tagihan peserta, selanjutnya fitur jaminan kesehatan yang memuat informasi manfaat dan prosedur pelayanan Program JKN-KIS, lalu fitur layanan yang memuat informasi fasilitas kesehatan dan kantor cabang BPJS Kesehatan, kemudian fitur kepesertaan yang memuat menu pendaftaran peserta dan perubahan data peserta yang terkoneksi ke aplikasi Mobile JKN, dan terakhir fitur live chat yang memuat layanan informasi dan pengaduan yang terhubung langsung ke Agent Care Center 1500 400.

Untuk layanan Chika pada aplikasi whatsapp dan telegram, peserta cukup dengan menyimpan nomor layanan Chika yaitu 08118750400 kemudian dapat langsung berinteraksi dengan Chika.

Sedangkan untuk Vika, peserta dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 untuk mengetahui informasi terkait status kepesertaan dan tagihan peserta.

“Selain Chika dan Vika, BPJS Kesehatan juga sebelumnya telah mengembangkan aplikasi Mobile JKN yang fiturnya sangat lengkap. Mulai dari cek status kepesertaan, perubahan data, bahkan sampai pada antrean elektronik untuk pengobatan di fasilitas kesehatan,” ujar Elisa.

Elisa berharap agar masyarakat dapat memaksimalkan kanal-kanal yang telah dikembangkan. Dengan begitu, masyarakat akan lebih mudah dan tidak perlu repot ke kantor BPJS Kesehatan.

Untuk keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi care center 1500400 selama 24 jam, atau bisa diakses www.bpjs-kesehatan.go.id. Bisa juga membuka atau bertanya di media sosial Facebook BPJS Kesehatan, Twitter @BPJSKesehatanRI, Instagram bpjskesehatan_ri, You Tube BPJS Kesehatan dan Kaskus bpjskesehatan. (DT/mr)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menjual Alat Pelindung Diri Covid-19, Produksi Lokal

ALAT PELINDUNG DIRI: Jangan ambil resiko dengan menggunakan jas hujan saat menangani pasien visur corona. ...