by

Warga Bojongsari Gagas Gerakan Masyarakat Membersihkan Situ

Warga bersama jajaran Kodim dan Satgas SDA Pemkot Depok bergotongroyong memberikan Situ Bojongsari.
Warga bersama jajaran Kodim dan Satgas SDA Pemkot Depok bergotongroyong memberikan Situ Bojongsari.

DepokRayanewsa.com- Warga RW 014, Bojongsari, Kecamatan Bojongsari menggagas Gerakan Masyarakat Membersihkan Situ (Gemmes).

Aksi itu kemudian ditunjukan dengan bergotong royong membersihkan Situ Bojongsari yang dipenuhi gulma, pada Minggu (1/4/2018),

Masyarakat setempat senang karena aksi mereka mendapat dukungan dari Walikota Depok Mohammad Idris dan Komandan Kodim 0508/Depok, Letkol Inf.Iskandarmanto.

Pemerintah Kota Depok menurunkan Satgas Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Sedangkan Kodim 0508/Depok menurunkan 100 personilnya lengkap dengan perahu karet.

Ketua RW 014, Kecamatan Bojongsari, Daud Sulaiman mengatakan, Gemmes merupakan upaya masyarakat untuk melestarikan situ karena situ telah memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar.

“Kami mengerahkan 100 warga untuk membersihkan Situ Bojongsari. Kerja bakti ini didukung pemerintah dengan datangnya Walikota Depok, Mohammad Idris dan Komandan Kodim 0508/Depok, Letkol Inf. Iskandarmanto,” kata Daud.

Aksi nyata itu, tidak hanya membersihkan situ, tapi juga menanam 100 pohon buah, dan penyebaran 20 ribu bibit ikan di Situ Bojongsari. “Diharapkan dengan semua upaya itu,  keberadaan situ terus terjaga kelestariannya,” kata Daud.

Dandim 0508 Kota Depok Letkol Inf. Iskandarmanto mengatakan pihaknya menyiapkan 100 personel  dan beberapa perahu karet untuk membersihkan situ dari tanaman eceng gondok.

“Keterlibatan anggota kami dalam aksi bersih-bersih situ, menunjukkan kepedulian TNI kepada masyarakat,” kata Iskandar.

Jajaran Kodim, katanya juga akan menanaman 19 ribu pohon buah di situ-situ yang ada di Kota Depok.

Langkah itu merupakan fungsi 3 pilar untuk selalu menjalin sinergitas untuk melayani masyarakat.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan kolaborasi antara pemerintah, TNI dan masyarakat patut diberi apresiasi. Sebab, mereka telah bersama-sama untuk menjaga kebersihan, serta kelangsungan situ.

“Dengan muncul kesadaran tentu ini sangat baik, karena pelestarian situ bukan hanya tugas pemerintah tapi semua pihak,” kata walikota. (adi)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *