by

Diserahkan Menteri PANRB, UI Satu-satunya PTN Raih Predikat Memuaskan dari ANRI

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Annas, bersama Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs. Imam Gunarto, M.Hum., menyerahkan penghargaan kepada Universitas Indonesia (UI) atas pencapaian sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memperoleh penghargaan pada kategori β€œMemuaskan” dari ANRI.

“UI dianggap berhasil melakukan pengawasan kearsipan, sesuai dengan Peraturan ANRI Nomor 6 Tahun 2019. Hal ini menyangkut upaya menerapkan kepatuhan dan kesesuaian antara regulasi dengan proses implementasi penyelenggaraan kearsipan,” kata Amelita Lusia, Kepala Biro Humas dan KIP UI dalam keterangannya, Kamis 25 Mei 2023.

Penghargaan tersebut diberikan pada puncak peringatan Hari Kearsipan ke-52 Tahun 2023 yang diselenggarakan di Blambangan Ballroom, Hotel El Royale, Banyuwangi, Jawa Timur. “UI adalah satu-satunya PTN yang mendapatkan penghargaan atas performa di kearsipan. Ada 31 pencipta arsip yang menerima penghargaan di ajang tersebut, baik dari Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga, BUMN, PTN, dan Pemerintah Daerah,” kata Amelita.

Kepala Kantor Arsip UI, Wahid Nurfiantara, S.Hum., M.T.I., mengatakan bahwa hasil pengawasan kearsipan bukan sebuah hal instan yang diperoleh UI. Sejak 2016, konsep pengawasan kearsipan telah dilakukan di UI dengan tujuan melakukan sinergi antara program kerja UI dengan program kearsipan nasional yang telah ditetapkan oleh ANRI.

Ia berharap, secara konsisten UI akan melakukan perbaikan berkelanjutan. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa penghargaan ini harus menjadikan kearsipan semakin memiliki dampak dan manfaatnya yang dapat dirasakan oleh seluruh warga UI dan juga dunia industri.

β€œHal ini tentunya juga sejalan dengan semangat dari Kementerian PANRB, yaitu reformasi birokrasi berdampak,” ujar Wahid. Ia mengungkapkan, UI menjadi obyek pengawasan tahun 2022 oleh ANRI bersama dengan tujuh PTN lain. Penilaian mencakup aspek penciptaan arsip, penggunaan, pemeliharaan, penyusutan, sumber daya manusia, dan sarana prasarana kearsipan.

Kantor Arsip UI berpartisipasi aktif di lembaga profesi dan mendukung perkembangan profesi kearsipan di Indonesia. Kantor ini juga berupaya aktif dalam kegiatan asosiasi dan diskusi pengembangan arsip di tanah air. Beberapa lembaga profesi kearsipan yang diikuti oleh Kantor Arsip UI antara lain, International Council on Archives (ICA), Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi (PAPTI), Perkumpulan Profesi Pengelola Rekod Indonesia (P3RI), dan Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI). (rel)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *