by

UI CISE Expo Bantu Pemerintah Capai Target Penurunan Angka Pengangguran Tahun 2023

DEPOKRAYANEWS.COM- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, mendukung penuh kegiatan UI Career, Internship, Scholarship, and Entrepreneurship atau UI CISE Expo 2023 karena dinilai sangat membantu pemerintah dalam mencapai target penurunan pengangguran tahun 2023.

”Pemerintah berkomitmen mempercepat pemulihan ekonomi nasional 2023 yang berfokus pada pertumbuhan ekonomi positif dan penurunan tingkat pengangguran dalam konteks sasaran pembangunan nasional,” kata Ida Fauziah.

Plt. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemdikbudristek, Nizam, mengatakan kolaborasi antara kampus dengan seluruh pemangku kepentingan terutama penggunaan lulusan perguruan tinggi sangat penting untuk diperkuat. Ia menambahkan, dalam menyiapkan talenta-talenta terbaik perlu kerja sama berbagai pihak.

Universitas Indonesia (UI) melalui Career Development Center (CDC) bekerja sama dengan KarirLab menyelenggarakan UI CISE Expo 2023 secara hybrid di Balairung, Kampus UI Depok, pada 17–18 Maret 2023. Tahun ini, peserta expo terdiri dari 36 mitra perusahaan nasional dan multinasional, 10 lembaga scholarship, 32 mitra entrepreneurship, 42 media partner, dan 32 mitra perguruan tinggi negeri maupun swasta. Dalam dua hari pelaksanaan, terlihat lebih dari 3.500 peserta memadati kegiatan pameran job fair di Balairung

Ketua Penyelenggara UI CISE Virtual Expo 2023, Sandra Fikawati, mengatakan tahun ini UI CISE Expo 2023 dilakukan secara hybrid agar dapat menjangkau semua aspek kebutuhan dan kepentingan. Tujuan kegiatan ini adalah mempertemukan secara langsung para mahasiswa tingkat akhir, alumni UI maupun perguruan tinggi lain dengan perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan magang dan kerja. ”Kami juga ingin memfasilitasi lulusan yang ingin melanjutkan studi maupun yang ingin berwirausaha,” kata Sandra.

Dia berharap dengan banyak mitra yang berpartisipasi dapat memberikan peluang lebih besar kepada para peserta yang hadir dalam acara UI CISE Hybrid Expo Maret 2023 untuk membangun karier mereka serta melanjutkan pendidikan.

,” kata Prof. Sandra. Pada pelaksanaannya, kegiatan daring melalui platform UI CISE Hybrid Expo Maret 2023 juga ramai dikunjungi oleh para peserta di website uicise.karirlab.co. Dengan menggunakan platform yang sudah terintegrasi, peserta dapat lebih mudah mengakses informasi dan ratusan lowongan dari tiap-tiap mitra perusahaan, lembaga beasiswa, perguruan tinggi, dan UMKM yang tergabung.

Sejak dibukanya platform terintegrasi ini pada 13 Maret 2023, terdapat 300 job post, 50 ribu pengguna, dan 300 ribu kunjungan pada website uicise.karirlab.co. Angka ini dapat terus bertambah karena masih berlangsung sampai dengan 24 Maret 2023 nanti.

UI CISE Expo sendiri merupakan bagian dari upaya untuk mengoptimalkan link and match antara lulusan perguruan tinggi dengan berbagai industri.

Direktur Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni UI, Ahmad Syafiq, mengatakan, kegiatan itu tidak hanya melalui pameran, acara ini memfasilitasi pesertanya dengan berbagai rangkaian acara edukatif terkait kehidupan pasca-kampus, seperti webinar, company talk, exclusive company session dan industry bootcamp untuk menunjang kemampuan dan kesiapan peserta dalam melamar pekerjaan, mempersiapkan bisnis atau melanjutkan studi. ”Hal ini merupakan wujud nyata kontribusi UI dalam mempersiapkan talenta-talenta tenaga kerja muda yang berkualitas,” ujar Syafiq.

Career Development Centre Universitas Indonesia (CDC-UI) merupakan unit yang mewadahi mahasiswa/lulusan UI menuju karier yang diinginkan. CDC-UI juga berfungsi sebagai pusat pengembangan kualitas sumber daya manusia untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai.

CDC-UI bertujuan untuk menjadi mediator antara pencari kerja (mahasiswa/lulusan) dengan perusahaan/instansi/industri yang membutuhkan tenaga kerja. CDC-UI berada di bawah Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) UI dan saat ini dipimpin oleh Sandra Fikawati, CDC-UI memiliki dua klien utama: mahasiswa/lulusan (UI dan non-UI) dan perusahaan/instansi/industri. (rel)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *