Inilah Setu Setu Indah di Kota Depok

Sebarkan :

 
Festival Perahu Naga salah satu kegiatan yang dilaksanakan di setu di Kota Depok.

Festival Perahu Naga salah satu kegiatan yang dilaksanakan di setu di Kota Depok.

Depokrayanews.com- Ketika membuka Festival Perahu Naga ke-2 yang digelar di Setu Rawa Besar atau Setu Lio, Sabtu (19/11/2016), Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna mengatakan Kota Depok punya 22 setu dengan luas sekitar 25 hektar.

“Ini rahmat Allah Swt yang luar biasa bagi Kota Depok. Bayangkan berapa dana yang harus dikeluarkan Pemkot Depok kalau harus membangun setu sebanyak itu,” kata Pradi,

Kalau setu itu dimanfaatkan secara maksimal akan menjadi kawasan wisata yang luar biasa.

Apa saja setu yang ada di Depok? Yuk, kita lihat satu per satu.

Setu Cilodong

Setu Cilodong

Setu Cilodong

Setu Cilodong berada di Jalan Abdul Gani. Sebelumnya, setu ini pernah terkontaminasi limbah rumah tangga, Tahun 2006 setu ini dikonservasi sehingaga kini jadi asri dan menjadi tempat wisata.

Di Setu Cilodong Anda bisa memancing, bermain sepeda air, dan juga berkeliling menggunakan sepeda sambil menikmati keindahan danau Cilodong.

Setu Citayam

Setu Citayam

Setu Citayam

Setu yang menjadi lokasi wisata mengasyikan di perbatasan Depok-Bogor adalah Setu Citayam.

Bagi Anda yang sering menggunakan Commuter Line ke arah Bogor, saat memasuki stasiun Citayam Anda akan melihat danau yang cukup luas disebelah kanan. Danau ini diketahui sudah ada sejak tahun penjajahan dan sudah sangat terkenal sejak dahulu.

Setu Citayam pun sudah digunakan oleh warga sekitar untuk membuat tambak-tambak sebagai pendongkrak ekonomi masyarakat sekitar. Tapi saat itu masyarakat sekitar kurang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Sehingga, pada tahun 2009 pemerintah Depok melakukan revitalisasi setu Citayam untuk memulihkan keadaanya.

Saat ini Setu Citayam sudah kembali menjadi tempat rekreasi warga sekitar. Dan juga ditambahnya beberapa fasilitas wahana air yang mengasyikan dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

Setu Pengasinan

Setu Pengasinan

Setu Pengasinan

Setu Pengasinan, Setu asyik untuk rekreasi bersama keluarga,Setu Pengasinan menjadi tempat rekreasi pilihan masyarakat Depok yang ingin menikmati semilir udara segar di sekitar setu. Setu pengasinan terletak di wilayah Sawangan, Depok.

Setu ini memiliki fasilitas rekreasi yang cukup memadai. Seperti, bebek air dan sepeda air. Harga sewanya pun cukup terjangkau.

Di hari biasa, setu Pengasinan tidak terlalu ramai. Tetapi saat weekend tiba pengunjung setu bisa membludak. Untuk fasilitas bebek-bebekan dan sepeda air di hari biasa dibuka mulai dari pukul 08.00-17.30 dan di Sabtu Minggu biasanya sudah di buka pukul 06.00-17.30.

Di Setu Pengasinan memiliki lokasi yang cukup asri. Dimana cukup banyak pohon besar, seperti pohon mangga, apel, kelapa, dan rambutan. Meskipun Anda datang ke situ ini saat siang hari, suasana situ tetap adem. Setu pengasinan wajib menjadi destinasi wisata murah meriah dan dekat dari rumah Anda.

Setu Jatijajar

Setu Jatijajar

Setu Jatijajar

Setu Jatijajar mungkin sudah menjadi obyek wisata favorit masyarakat Depok. Terutama yang tinggal diwilayah Tapos, dan Jatijajar. Setu yang memiliki luas sekitar 6,5 hektar ini sudah cukup asri dan cukup terawat.

Setu Jatijajar hampir sama dengan setu lainnya yang ada di Depok. Setu ini sudah sangat terawat, dan menjadi favorit para pemancing di Kota Depok. Airnya pun cukup jernih dengan berbagai fasilitas yang memadai.

Setu Jatijajar juga memiliki fasilitas sepeda air yang bisa digunakan para pengunjung untuk berekreasi. Setu Jatijajar tidak hanya menyuguhkan rekreasi untuk orang dewasa. Disalah satu sudut setu, terdapat wahana permainan anak. Sehingga, Anda bisa berwisata dengan buah hati Anda.

Setu Universitas Indonesia

Setu Universitas Indonesia

Setu Universitas Indonesia

Setu UI sangat cocok sebagai tempat bersantai dan rekreasi mengasyikan di wilayah Universitas Indonesia Depok,

Setu Universitas Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan danau UI, merupakan danau yang cukup terkenal di kawasan Depok. Setu ini sering digunakan oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah sambil menikmati setu yang cukup asri.

Selain digunakan oleh para mahasiswa, setu UI juga sering menjadi spot terbaik para pemancing. Setu ini juga menjadi tempat istirahat para pengunjung yang datang ke UI dan ingin sekedar duduk santai dipinggir setu.

Setu Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI

Setu Studio Alam TVRI sangat asri seperti di wilayah pegunungan.
Setu Studio Alam TVRI menjadi setu yang sangat di favoritkan oleh masyarakat Depok. Setu ini sudah cukup terkenal sebagai tempat rekreasi murah bagi warga Depok. Lokasinya yang cukup asri dan serasa berada disekitar pegunungan, membuat Setu Studio Alam TVRI selalu menjadi lokasi favorit untuk warga Depok.

Lokasi ini dahulu sering digunakan untuk syuting program-program TVRI. Bahkan lokasinya memiliki banyak rumah-rumah adat yang membuat semakin menarik untuk datang ke setu Studio Alam.

Anda tidak hanya bisa berekreasi hanya menikmati pemandangan danau. Anda juga bisa mengajak buah hati untuk sekedar berkeliling danau dengan kuda sewaan yang disediakan disekitar setu. (bersambung)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jam Operasional Tempat Usaha di Depok Mulai Dilonggarkan

Depokrayanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akhirnya melonggarkan jam operasional tempat usaha setelah banyak menuai protes ...