by

Jajaki Kerja Sama, Pengusaha Johor Bahru Malaysia Kunjungi IWAPI Kota Depok

Depokrayanews.com- Sedikitnya 16 orang pengusaha dari Johor Bahru, Malaysia berkunjung ke Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Depok di auditorium Rumah Sakit Grha Permata Ibu (GPI) Beji, Kota Depok, Minggu 3 Marer 2024.

Delegasi yang dipimpin E Ridwan Prawira Kusumah Staf Ekonomi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru Malaysia itu sengaja datang ke Kota Depok untuk menjajaki kerjasama dalam bidang perdagangan dan investasi.

”Kami mendapat rekomendari dari KBRI Malaysia tentang IWAPI Kota Depok, makanya kami arahkan pengusaha Ohor Bahru untuk berkunjung ke IWAPI Kota Depok,” kata Ridwan dalam penjelasannya kepada wartawan, Minggu 3 Maret 2024.

Sebanyak 16 pengusaha Johor Bahru Malaysia yang datang itu bergerak di berbagai bidang bisnis, terutama jasa perdagangan, jasa konsultan bisnis, property, jasa konstruksi dan industri makanan.

Delegasi itu langsung diterima Ketua DPC IWAPI Kota Depok, dr. Karlina, MARS bersama jajaran pengurus. Acara itu juga dihadiri Ketua DPD IWAPI Jawa Barat Masrura Ram Idjal yang sengaja diundang DPC IWAPI Kota Depok.

Selain itu hadir juga Wali Kota Depok yang diwakili Kabag Perekonomian Nani Zara, Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok Nasrudin, perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM), Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Depok Wahyu Isnaini, Kadin Kota Depok , Ketua Asosiasi UMKM Kota Depok Rudi Murodi, Sekretaris Gerakan Ekonomi Kreatif dan Seni Kota Depok Yusni dan sejumlah pengusaha Kota Depok.

”Kunjungan bisnis antara pengurus IWAPI Kota Depok dengan pengusaha Johor Bahru Malaysia dalam rangka sharing peluang bisnis,” kata Ketua DPC IWAPI Kota Depok, Karlina.

Dikatakan, kegiatan ini berawal dari kegiatan ASEAN Festival 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia pada akhir November 2023 lalu. Ketika itu DPC IWAPI Kota Depok mendapat undangan khusus dari KBRI Malaysia di Kuala Lumpur untuk ikut pada acara Asean Festival. Dari Indonesia hanya dua daerah yang diundang yakni Pekanbaru Provinsi Riau dan Depok Jawa Barat.

“Dari pameran di Kuala Lumpur, kami IWAPI terus melanjutkan kerjama dengan pengusaha di Malaysia. Mungkin karena itu pengusaha Malaysia melihat potensi yang ada di Kota Depok,” kata Karlina.

Sebelumnya DPC IWAPI Kota Depok juga sudah menjalin kerjasama dengan Wawasanita, semacam IWAPI di Malaysia dan sejumlah pengusaha dari Kuala Lumpur juga sudah berkunjung ke IWAPI Kota Depok.

Karlina berharap kunjungan bisnis pengusaha Malaysia itu bisa ditindaklanjuti dengan kerjasama yang lebih konkrit sehingga produk-produk Kota Depok bisa dipasarkan di Malaysia. ”Minat dari pengusaha Malaysia terhadap produk Kota Depok cukup besar. Ini terlihat dari animo mereka membeli produk-produk yang ditampilkan pada acara ini,” kata Karlina.

Karlina mengucapkan terimakasih kepada KBRI Malaysia yang telah memfasilitasi kerja sama IWAPI -Kota Depok dengan pengusaha-pengusaha Malaysia.

“Kami IWAPI Kota Depok terus berkomitmen mendorong anggota bisa go ekspor dengan memproduksi produk berkualitas,” tambah Karlina. Minggu lalu, Karlina juga membawa sejumlah produk Kota Depok untuk diperkenalkan dengan pengusaha di Osaka dan Tokyo Jepang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IWAPI Jawa Barat Masrura Ram Idjal menyambut baik kegiatan IWAPI Depok yang menjalin kolaborasi dengan pengusaha Malaysia.

“Kedepannya kerjasama ini tidak hanya di IWAPI Depok, akan tetapi juga dengan anggota IWAPI Jawa Barat yang anggotanya mencapao 3.000 orang,” kata Masrura.

Staf Ekonomi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru E Ridwan Prawira Kusumah kepada wartawan mengatakan 16 pengusaha Johor Bahru Malaysia sangat senang bisa bertemu dengan IWAPI Kota Depok. Apalagi sambutannya sangat luar biasa.

Dia berharap adanya networking antara IWAPI Kota Depok dengan pengusaha Johor Bahru. Paling tidak ada produk IWAPI Depok bisa dipasarkan di Malaysia dan sebaliknya produk Malaysia ada di Kota Depok.

“Kami harap dengan adanya pertemuan ini maka timbul rasa membangun networking antara IWAPI Depok dan pengusaha Malaysia,” kata dia.

Dia melihat banyak peluang kerja sama yang bisa dilakukan bersama antara IWAPI Depok dengan pengusaha Malaysia.

Pandangan yang sama juga disampaikan perwakilan pengusaha Johor Bahru, Mohd. Nor Zaki bin Khamis. Dia berterimakasih kepada IWAPI Kota Depok yang menyambut dengan hangat dan meriah. ”Kami terharu sambutan dari IWAPI Kota Depok sangat luar biasa. Kami pernah berkunjung ke daerah lain di Indonesia, tapi di sini sambutan memang luar biasa. Kami disambut orang banyak, ada pemeran produk yang kami lihat,” kata Nor Zaki. (rel)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *