by

Jelang Berakhir Masa Jabatan, Wali Kota Usulkan UMK Depok Lebih Tinggi dari DKI Jakarta

Depokrayanews.com- Menjelang berakhir masa jabatannya, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengusulkan kenaikan upah minimum kota (UMK) sebesar 15 persen ke Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

“Kita sudah menyampaikan aspirasi dari buruh (kenaikan UMK Depok 15 persen) ke Pj Gubernur (Bey Machmudin), tetapi nanti kan Pj Gubernur juga akan melihat pertimbangannya itu dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo),” kata Idris, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Jumat 24 November 2023.

jika usul kenaikan 15 persen disetujui, maka UMK Depok 2024 akan lebih tinggi dari upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta hingga UMK Bekasi.

Idris mengaku belum menerima tanggapan dari Apindo sehingga wali kota dua periode itu tidak tahu apakah pengusaha sepakat atau tidak dengan kenaikan upah buruh di Depok hingga 15 persen.

“Nanti tinggal perusahaannya, kalau perusahaannya sanggup ya monggo saja,” kata Idris.

“Itu kan mereka dengan perusahaan, sedangkan enggak dipadukan kasihan juga dampaknya, bisa jadi terjadi PHK. Nanti bukan warga Depok saja, tetapi warga Jabodetabek yang kerja-kerja di perusahaan,” kata dia.

Jika naik 15 persen atau Rp704.173, maka UMK Depok 2024 akan melesat ke Rp5.398.666.

Sementara itu, UMP DKI Jakarta 2024 hanya Rp5.067.381. Ini naik 3,38 persen dibandingkan upah tahun sekarang sebesar Rp4,9 juta. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *