by

Kemenkes: Pembantu di Rumah Pasien Depok Negatif Corona

Inilah rumah milik warga Depok yang terpapar Virus Corona.

DepokRayanews.com- Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto menyatakan dua orang yang tinggal serumah dengan dua pasien positif virus corona (covid-19) dinyatakan negatif.

Dua orang yang tinggal serumah ini yakni kakak salah satu pasien dan seorang asisten rumah tangga (ART).
“Kakak dan pembantunya sudah diperiksa, dua-duanya negatif. Tidak tertular,” kata Achmad di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin 2 Maret 2020.

Menurut Achmad, si kakak tak pernah kontak terlalu dekat dengan dua pasien karena sibuk bekerja. Sementara si asisten rumah tangga juga disebut memiliki kesibukan sendiri.”Jadi selama sakit kakaknya tidak begitu dekat kontaknya, pembantu juga punya kesibukan sendiri,” katanya.

Selain memantau kondisi dua orang yang tinggal serumah, Achmad menyatakan akan terus memantau tempat tinggal dua pasien positif corona tersebut. Meski demikian, pihaknya tak bakal membersihkan lingkungan tempat tinggal kedua pasien yang ada di Depok, itu menggunakan desinfektan.

“Ngapain (dibersihkan), virusnya sudah enggak ada. Virus itu kayak benalu, hanya hidup di pohon yang hidup. Kalau pohonnya mati, virusnya mati,” ucap Achmad.

Di sisi lain, Achmad menilai pemasangan garis polisi atau police line di sekitar tempat tinggal dua pasien itu terlalu berlebihan. Garis polisi diketahui telah dipasang dengan jarak 20 meter dari kediaman pasien. Garis dipasang agar warga setempat tak masuk atau mendekati ke rumah tersebut.

“Itu yang saya bilang berlebihan. Kenapa sih kok sampai kayak gitu? Emangnya virus itu tahu itu garis polisi apa enggak. Entah kenapa sih berlebihan,” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *