by

Panglima Gatot Nurmantyo Ditolak Masuk ke AS, Dubes Minta Maaf

Panglima TNI Gatot Nurmantyo.
Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Depokrayanews.com- Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph Donovan telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas ketidaknyamanan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang ditolak masuk ke Amerika Serikat.

Informasinya Staf Kedubes AS akan tetap berkomunikasi terus dengan staf Gatot untuk tetap berupaya agar Jenderal Gatot bisa ke AS guna menghadiri acara sebagaimana undangan Pangab AS.

“Kedubes AS telah dan akan tetap mempersiapkan perjalanan Jenderal ke Amerika Serikat. Kami tetap berkomitmen dengan kemitraan strategis dengan Indonesia,” kata Kedubes AS Joseph Donovan, dalam siaran persnya, Minggu (22/10/2017).

Kedubes AS tidak menjelaskan secara rinci apa yang menyebabkan Gatot ditolak masuk ke AS.

Joseph Dunford, pemimpin staf gabungan mengundang Panglima Jenderal Gatot Nurmantyo ke acara Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremism pada October 23-24 di Washington, D.C.

Jenderal Gatot dan delegasi rencananya berangkat ke AS pada Sabtu (21/10). Beberapa saat setelah tiba di Bandara Soekarno Hatta, saat menunggu penerbangan dengan pesawat Emirates, diperoleh informasi bahwa Jenderal Gatot dan delegasinya tidak bisa terbang karena pihak otoritas AS tidak memberi izin masuk. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *