by

Panglima Mutasi 68 Pati TNI, Termasuk Jenderal di BIN, Ini Nama-namanya

DEPOKRAYANEWS.COM- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono merotasi 68 perwira tinggi, termasuk Perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang ditempatkan di Badan Intelijen Negara (BIN).

Mengutip siaran pers Pusat Penerangan TNI, Sabtu 3 Juni 2023, berikut beberapa perombakan posisi yang terjadi di BIN:

1. Mayjen TNI Mujahidin digeser dari jabatan Staf Ahli Bid. Ideologi dan Politik BIN menjadi Analis Intelijen Ahli Madya pada Sahli Bidang Ideologi dan Politik BIN

2. Brigjen TNI Dedy Agus Purwanto dari Direktur Sulawesi dan Nusa Tenggara pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Staf Ahli Bidang Ideologi dan Politik BIN.

3. Kolonel Bonar Panjaitan dari Kasubdit DKI Jakarta pada Direktorat Jawa dan Bali, Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Kepulauan Riau pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

4. Kolonel Yohanes Hari Murdani dari Kasubdit Rengar pada Direktur Rendalgiat OPS Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Direktur Rendalgiat Ops pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

5. Brigjen TNI Hagus Indaryanto dari Direktur Amerika dan Eropa Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri BIN menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Amerika dan Eropa Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri BIN.

6. Kolonel Inf Sunaryo dari Kasubdit Analisa dan Evaluasi pada Direktorat Rendalgiat Ops Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri BIN menjadi Direktur Amerika dan Eropa Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri BIN.

Mutasi juga dikenakan kepada sejumlah perwira tinggi dan menengah TNI AD yang bukan penempatan di BIN, antara lain:

1. Mayjen Ramses Lumban Tobing dari Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI menjadi Tenaga Ahli Pengajar Bid. Geografi Lemhannas.

2. Mayjen Achmad Riad dari Tenaga Ahli Pengajar Bid. Geografi Lemhannas menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI. Lalu, Brigjen Leo Yunaidy Wibisono dari Dansatkomlek menjadi Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka pensiun),

3. Mayjen Haris Sarjana(Han) CGCAE dari Danpussenarhanud menjadi Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka pensiun). Kemudian, Brigjen TNI Johanis Payung dari Dirlem Seskoad menjadi Danpussenarhanud.

4. Mayjen Agus Yunianto dari Kakommed RSPAD Gatot Soebroto menjadi Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka pensiun), Mayjen Purwo Setyanto dari Kapuskesad menjadi Kakommed RSPAD Gatot Soebroto.

5. Brigjen Sukirman dari Diryankes RSPAD Gatot Soebroto menjadi Kapuskesad, Brigjen Sugiarto dari Dircab Puskesad menjadi Diryankes RSPAD Gatot Soebroto.

6. Brigjen Tito Airlambang dari Widyaiswara Bid. Juangpimp Seskoad menjadi Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka pensiun), Kolonel Inf Bambang Siswanto dari Irutum It Kostrad menjadi Widyaiswara Bidang Juangpimp Seskoad, Brigjen Diding Sutisna Sukarma dari Pa Sahli TK. II Kasad Bidang Wasis menjadi Pati Mabes TNI AD (Dalam rangka pensiun).

Total ada 44 perwira tinggi dari TNI Angkatan Darat yang dirotasi. Panglima TNI juga merotasi sejumlah jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut dan Udara. Total ada 17 perwira tinggi TNI AL dan 7 perwira tinggi TNI AU yang digeser dari posisinya. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *