by

Profil Dico Ganinduto, Bupati Termuda di Jawa Tengah yang Bakal Dipasangkan dengan Gibran di Pilgub Jateng

DEPOKRAYANEWS.COM– Begitu nama Ganjar Pranowo diumumkan secara resmi sebagai Calon Presiden 2024 oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), bisik-bisik siapa yang bakal menjadi Gubernur Jawa Tengah makin terdengar jelas. Siapa saja calonnya ?

Dari sejumlah nama, ada nama Emil Dardak yang kini menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur. Nama lain adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu disebut-sebut bakal berpasangan dengan Bupati Kendal Dico Ganinduto, bupati termuda di Jawa Tengah.

Bahkan belum lama ini, Gibran dan Dico sempat bertemu sambil makan bakso di pinggir jalan. Apa yang mereka bahas ? Gibran dan Dico dikabarkan sering bertemu untuk melakukan diskusi. Oleh orang dekatnya, Gibran dan Dico sangat sejalan dan punya pandangan yang sama.

Benarkah Gibran dan Dico mempersiapkan diri sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah ? “Kita banyak ngobrolin 2024. Tapi nggak soal pilgub,” kata Gibran dikutip dari liputan6.com pada 10 Februari 2023 lalu.

Sosok Bupati Dico Ganindito ?

Dico Mahtado Ganinduto, B.Sc lahir pada 19 Februari 1990 dari kedua orang tuanya yang asli Jawa Tengah. Ayahnya, Dito Ganinduto berasal dari Purwokerto, sedangkan ibunya, Tri Laksmi Widhyastuti, berasal dari Semarang. Dico merupakan Bupati Kendal periode 2021-2026 yang dilantik pada tanggal 26 Februari 2021.

Walaupun begitu, Dico besar di Jakarta. Ia menempuh pendidikan di SD Al-Azhar pada tahun 2002, kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Global Jaya Bintaro, Jakarta Selatan. Seusai menempuh pendidikan menengah pertama, ia melanjutkan pendidikan SMA di Pendleton School, Florida, Amerika Serikat.

Setelah lulus SMA, Dico melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi di University Of Tulsa dengan program studi teknik perminyakan. Saat menempuh studi di Amerika Serikat, ia aktif dalam keorganisasian mahasiswa sebagai Wakil Presiden PERMIAS Tulsa tahun 2010 dan kemudian terpilih sebagai Presiden PERMIAS Tulsa tahun 2011.

Karier politik Dico dimulai pada tahun 2018 saat ia mendaftarkan diri sebagai anggota DPP Partai Golkar.

Pada tahun 2019 ia terpilih sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Golkar periode 2019-2024. Selain itu, ia aktif menjadi salah satu pengurus di PP AMPG dan menjadi Ketua Gema Partai Golkar.

Selain berkaier di politik, Dico sempat menduduki jabatan tinggi di beberapa perusahaan, seperti menjabat sebagai Direktur Utama di PT Duta Trida Utama, Direktur Utama PT Pandu Tenaga Utama, dan pernah menjabat menjadi komisaris di PT Duta Firza.

Pada 26 Februari 2021 lalu, Dico dilantik sebagai Bupati Kendal untuk masa jabatan 2021-2026. Dalam masa pemerintahannya yang genap dua tahun ini, ia dinilai berhasil menunjukkan kinerja nyata dan memberikan dampak positif untuk masyarakat.

Melalui visi Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan, Dico menunjukkan komitmen untuk melaksanakan empat prioritas pembangunan di Kabupaten Kendal seperti Kawasan Industri Kendal, pengembangan pariwisata dan UMKM, serta peningkatan sumber daya manusia.

Walaupun belum ada setengah periode masa jabatan, ia sudah mampu menyelesaikan beberapa janjinya saat kampanye. Tak heran atas prestasinya, ia masuk ke dalam daftar tokoh “40 Under 40 Fortune Indonesia”, atau salah satu dari 40 tokoh muda paling berpengaruh di Indonesia. (mad/ril/red)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *