Program JKN-KIS Membantu Pengobatan Masyarakat

Sebarkan :

 
Sutarno, peserta JKN KIS bisa berobat tanpa harus mengeluarkan biaya dari kantongnya sendiri.

Sutarno, peserta JKN KIS bisa berobat tanpa harus mengeluarkan biaya dari kantongnya sendiri.

Depokrayanews.com- Sutarno, pria berusia 56 tahun merupakan pensiunan swasta. Sutarno dan keluarganya tinggal di Kampung Tipar, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Sutarno menderita gagal ginjal sejak tahun 2012. Asal mula penyakitnya adalah asam urat dan hipertensi.

Seluruh anggota keluarga Sutarno telah menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Sutarno dan keluarga terdaftar sebagai peserta dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Puskesmas Mekarsari.

Sutarno, istri dan anak ketiganya terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Kota Depok yang disebut Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kota Depok sejak tahun 2006 yang terintegrasi menjadi JKN-KIS, sedangkan anak pertama dan keduanya terdaftar sebagai Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU).

Sutarno menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pasar Rebo dan dilayani dengan baik. Menurutnya sistem di Rumah Sakit Pasar Rebo sangat baik karena pasien dilayani terlebih dahulu baru mengurus administrasi.

Selanjutnya untuk memudahkan pengobatan, Sutarno menjalani hemodialisa secara rutin 2 kali seminggu di klinik El-Medikasih Depok yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Dengan pengobatan yang seperti itu, tentunya biaya yang dibutuhkan sangat besar. Namun beruntung Sutarno merupakan peserta JKN-KIS sehingga tidak ada biaya atau biaya tambahan yang dikeluarkan selama pengobatan. Bahkan iuran JKN-KIS nya, sebesar Rp 23.000,- (Dua Puluh Tiga Ribu Rupiah) perbulan dibayarkan oleh Pemerintah Daerah Kota Depok.

Sutarno sangat bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS, karena telah merasakan sendiri manfaatnya yang sangat besar. Oleh karena itu, Sutarno berharap agar program ini terus dilanjutkan, karena menurutnya banyak orang yang dapat terbantu. (ad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Depok Ajak Ummat Islam Baca Qunut Nazillah agar Covid-19 segera Hilang

Depokrayanews.com- Walikota Depok Mohammad Idris mengajak ummat Islam membaca Qunut Nazillah di setiap sholat lima ...