Sepeda Wisata Tour de Situ Perlu Digelar di Depok

Sebarkan :

 
Kepala Kesbangpol Depok Dadang Wihana memberikan sambutan.

Kepala Kesbangpol Depok Dadang Wihana memberikan sambutan.

Depokrayanews,com- Kepala Kesbangpol Pemerintah Kota Depok, Dadang Wihana menantang Forum Pemberdayaan Situ dan Pokdarwis Kota Depok (Forpesipode) memanfaatkan situ sebagai kawasan wisata yang menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

“Di Depok banyak sekali situ yang indah dengan jalur yang bagus. Ini sangat menarik kalau dijadikan jalur sepeda Tour de Situ Depok,” kata Dadang saat berdiskusi dengan Wakil Ketua Kadin Kota Depok, Desfandri dan Ketua Forpesipode, Ishak pada acara pelantikan pengurus Forpesipode di Situ Pengasinan, Kamis (11/5/2017).

Menurut Dadang, ide Tour de Situ ini terinsprirasi oleh kegiatan bersepeda yang sukses diselenggarakan beberapa daerah lain di Indonesia, seperti Tour de Ijen di Banyuwangi, Tour de Singkarak di Sumatera Barat dan Tour de Bintan di Kepulauan Riau.

“Depok punya banyak sekali situ, yang belum termanfaatkan secara maksimal. Jalan yang ada di pinggir situ sangat menarik dijadikan jalur sepeda Tour dSitu,” kata mantan camat itu

Tinggal dilakukan survei secara mendetail berapa jarak tempuh untuk mengelilingi semua situ yang ada. Atau untuk tahap awal cukup mengelilingi 10-15 situ, tergantung kondisi lapangan.

“Tapi kalau ini bisa digelar, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi turis lokal maupun mancanegara,” kata dia. Karena hanya Depok yang punya situ sampai 23 di Indonesia.

Jarak tempuh itu bisa dibagi beberapa etape, kemudian di setiap etape ada penampilan kesenian Kota Depok.

Ketua Forpesipode, Ishak menganggap tantangan dari Kesbangpol itu luar biasa. “Kita punya 23 situ yang masih aktif, tinggal bagaimana mensingkronkan satu sama lain sehingga menjadi paket wisata,” kata Ishak (and)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Pilkada, ASN Depok Jangan Berpolitik Praktis

Depokrayanews.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak ikut-ikutan berpolitik ...