by

Depok Kota Intoleran, PKS Meragukan Hasil Riset Setara Institue

DEPOKRAYANEWS.COM– Kota Depok termasuk lima besar kota intoleran tahun 2022 berdasarkan hasil riset Setara Institute.Empat kota lainnya adalah Kota Cilegon, Kota Padang, dan Kota Mataram Berdasarkan hasil riset itu, Kota Depok nomor dua kota paling intoleran. paling bawah adalah Kota Cilegon.

Tapi PKS meragukan data temuan itu.”Kami meragukan hasil temuan tersebut. Fakta empirisnya, kerukunan umat beragama di Depok sangat baik,” kata jubir PKS Muhammad Kholid kepada wartawan, Jumat 7 April 2023.

Kholid kemudian merujuk data Kementerian Agama RI, yakni Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Depok cukup tinggi. Menurutnya, kehidupan antarumat beragama di Depok terjalin harmonis.

Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Depok itu masuk kategori tinggi dibandingkan Indeks KUB rata-rata nasional. Indeks KUB ini dirilis resmi oleh Kementerian Agama RI yang mengukur tingkat toleransi, kesetaraan, dan kerja sama antarumat beragama. Dan kita juga bisa menyaksikan harmoni kehidupan antarumat beragama di Depok terjalin,” kata Kholid.

Menurut Kholid, Pemkot Depok telah memberikan kebijakan afirmatif bagi seluruh umat beragama. “Pemkot Depok juga memberikan kebijakan afirmatif bagi seluruh umat beragama dengan program Bimbingan Rohani yang melingkupi supporting kegiatan keagamaan seluruh umat beragama secara adil,” tambah Kholid.

Sementara itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai laporan Setara itu perlu didalami. Dia menyarankan Pemkot Depok mengundang LSM tersebut untuk mendapat data yang lebih rinci.

“Laporan Setara perlu didalami. Bagus jika Pemkot Depok mengundang Setara untuk dapat data detail. Bisa jadi kesempatan bagi Pemkot Depok untuk menunjukkan data lain yang mungkin belum terekam di Setara. Dan bisa untuk menyambung tali silaturahim,” kata Mardani. (mad/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *