by

Indonesia Sudah Amankan Stok Vaksin 480,7 Juta Dosis

Depokrayanews.com- Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah telah mengamankan stok vaksin Covid-19 sebanyak 480,7 juta dosis.

“Indonesia telah mengamankan stok vaksin 480,7 juta. Jadi kita pada dasarnya tidak ada masalah,” kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers secara virtual, Kamis 15 Juli 2021.

Kecepatan vaksinasi Covid-19, kata dia, sangat penting untuk mengatasi dan mengendalikan penyebaran virus corona. Meskipun menurutnya efikasi semua jenis vaksin mengalami penurunan terhadap varian Delta, tetapi orang yang sudah divaksinasi memiliki tingkat kematian yang rendah.

“Kecepatan vaksinasi super penting. Walaupun saya katakan tadi efikasinya turun, tapi pengalaman kita orang yang disuntik probability kematiannya, angkanya kecil,” kata Luhut.

Pada Juli ini, ditargetkan vaksinasi sudah mencapai rata-rata 1 juta per hari. Vaksinasi dikerjakan secara keroyokan, mulai dari pemerintah, TNI, hingga Polri.

“Saya harus melaporkan, kadang-kadang bisa 1 juta, bisa lebih, tapi kadang-kadang di bawahnya. Jadi kita masih ingin 32 juta dosis disuntikkan bulan ini. Vaksinasi dilakukan oleh pemda, TNI dan Polri, dan mereka bekerja dengan baik,” kata Luhut.

Untuk cakupan vaksinasi per provinsi, Luhut mengungkapkan Bali menjadi provinsi tertinggi dengan pencapaian vaksinasi sebesar 80,77%. Sedangkan DKI Jakarta, sudah mencapai 65,18%.

“Kita harapkan Jakarta bisa 70%, sehingga nanti bisa mendekati herd immunity. Sekarang di Jakarta, (kasus) sudah flattening, sudah kelihatan mendatar grafiknya,” kata dia. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *