by

Kemenag Minta Masyarakat Tidak Membabi Buta Boikot Semua Produk Terafiliasi Israel

Depokrayanews.com– Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama (BPJPH Kemenag) Muhammad Aqil Irham mengimbau masyarakat untuk tidak membabi buta memboikot produk yang terafiliasi dengan Israel. Akan tetapi lebih selektif agar gerakan yang bertujuan mulia membela Palestina itu tidak salah sasaran.

Aqil menegaskan pemerintah tidak membenarkan kekejaman Israel menyerang warga sipil di Palestina. Pemerintah menggalang berbagai bantuan kemanusiaan untuk mendukung rakyat Palestina.

Namun demikian, Aqil tidak setuju bila ada aksi boikot sembarangan terhada produk-produk yang berkaitan dengan Israel. Dia menegaskan tidak semua perusahaan yang diduga, benar-benar terafiliasi Israel.

“Kita harus juga mempertimbangkan tenaga kerja ya dan mereka juga punya kontribusi. Kita juga tidak memikirkan lapangan pekerjaan bagi mereka kalau diboikot semua,” kata dia, usai menghadiri pembukaan H20 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat 17 November 2023.

Aqil juga merespons usulan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mencabut sertifikat halal produk-produk yang terafiliasi Israel. Menurutnya, hal itu tak mungkin dilakukan.

“BPJPH sertifikasi kita berdasarkan jenis produk. Masak kita lihat, memang ada nempel ini produk dari mana dari mana?” ucap Aqil. “Tidak jadi haram. Produknya kalau sudah halal, ya tetap halal,” tambah dia.

Sebelumnya, MUI menyerukan boikot produk-produk yang mendukung serangan Israel terhadap Palestina. Seruan itu diikuti usul pencabutan sertifikat halal bagi produk-produk terkait. (mad/and)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *