by

Langkah Ini Akan Dilakukan Jika Tol Brexit Macet

-Nasional-27 views
Antisipasi kemacetan di Tol Brexit.
Antisipasi kemacetan di Tol Brexit.

Depokrayanews.com- Puncak arus mudik libur Idul Adha diprediksi terjadi hari Jumat (9/9/2016).

Supaya tidak terjebak kemacetan di tol Brebes Exit (Brexit) seperti lebaran Idul Fitri yang lalu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar mencari jalur alternatif

“Sebaiknya gunakan jalur selatan, karena berdasarkan pantau saat Idul Fitri beberapa bulan lalu, jalur Selatan kosong, tidak sepadat jalur Utara,” kata Budi Karya.

Menurut Budi, masyarakat harus pandai memilih jalan dan mencari moda transportasi alternatif seperti kereta api, pesawat, dan kapal laut sehingga tidak terkonsentrasi penuh lewat jalur darat.

Diakuinya Jalan Tol Palikanci hingga Brexit tidak memadai dan ini akan menjadi persoalan besar pada saat hari besar dimana masyarakat pengguna jalan akan bertambah volume kendaraannya pada arus jalan tersebut.

“Kami mengidentifikasi masalah ruas Brexit menjadi persoalan besar dan perlu dicarikan solusinya,” kata dia.

Salah satu solusinya, pada liburan Idul Adha ini pemerintah akan membatasi kendaraan yang akan menuju Brexit dan mulai dilakukan sejak di gerbang tol Cikarang.

Titik pengendalian akan dilakukan di Cikarang, Palimanan dan Majalengka. tergantung situasi lapangan.

Untuk melaksanakan rencana itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Korlantas Mabes Polri, Meneg BUMN, pengelola jalan tol dan instansi terkait.

Kepala Korps Lalulintas (Korlantas) Polri Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan pihaknya sudah meninjau persiapan libur akhir pekan ini.

Menurut dia, ada beberapa skenario yang dipersiapkan. Pertama, kendaraan dari arus Semarang semua dimasukkan ke Brebes Timur. Bagi kendaraan yang akan keluar di Brebes Barat tidak bayar tol. Namun, kendaraan yang akan ke Jakarta atau Bandung dikenakan biaya tol.

Kedua, kata Agung, pengendalian kendaraan dilakukan melalui tol dalam kota. Misalnya kalau sudah padat di Brebes, nanti di Cikarang Utama gate tolnya akan saya tutup separoh hingga dapat mengurangi kecepatan atau volume kendaraan sampai Brebes.

Ketiga, jika arah Brebes mengalami kepadatan, maka volume kendaraan akan dikurangi dengan cara mengeluarkan di beberapa tol sebelum Brebes. (mad)

Antisipasi kemacetan di Tol Brexit.
Antisipasi kemacetan di Tol Brexit.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed