by

Mesin ADM Memudahkan Masyarakat Mendapatkan Administrasi Kependudukan

Walikota Depok Mohammad Idris meresmikan penggunaan mesin ADM di The Sawangan Park.

Depokrayanews.com- Walikota Depok, Mohammad Idris, meresmikan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mal The Park Sawangan pertama di Kota Depok. Acara itu dihadiri Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh.

“Alhamdullilah, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya memberikan pelayanan dokumen kependudukan. Seperti e-KTP, kartu keluarga, surat kematian dan akta kelahiran, kini bisa dicetak di mall,” kata Idris pada acara peresmian, Jumat 25 September 2020.

Kehadiran mesin ADM sangat membantu mengurangi kerumuman apalagi di tengah pandemi Covid-19. ”Kehadiran ADM ini juga bisa mencegah terjadinya pungli di saat mengurus administrasi kependudukan,” kata Idris. Dengan ADM, semua urusan administrasi kependudukan lebih mudah, karena bisa dilakukan dari rumah.

Mesin ADM yang dipasang di The Sawangan Park merupakan hibah dari Kementerian Dalam Negeri. ”Kami akan pasang satu lagi mesin ADM dari APBD Kota Depok di wilayah timur,” kata dia.

Sementara itu, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan hibah ADM itu merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri terhadap prestasi dan kinerja termasuk dukungan dari Pemerintah Kota Depok.

“ADM ini untuk masyarakat Kota Depok agar dapat digunakan untuk kemudahan mendapatkan dokumen kependudukan,” kata dia. ADM ini, kata dia, tidak hanya bagi masyarakat Kota Depok, tapi juga dimanfaatkan masyarakat daerah lain yang ingin mencetak dokumen kependudukannya.

”Kemendagri ingin memberikan kemudahan bagi seluruh penduduk Indonesia untuk mendapatkan dokumen kependudukan,” kata dia. Karena itu, Kemendagri akan memperbanyak jumlah mesin ADM dan akan dipasang di tempat-tempat pelayanan umum, seperti bandara, mal dan sebagainya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed